Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Edit Foto Gelap Jadi Lebih Terang

Kadang kala saat mengambil foto dengan kamera digital, hasil foto yang dibuat ada yang terlihat gelap (underexposure) atau kurang terang. Hal ini biasa terjadi akibat kurangnya cahaya yang masuk ke medium (film atau sensor gambar) dalam proses pengambilan foto.

Dalam fotografi setidaknya ada tiga unsur yang menentukan exposure atau pajanan cahaya pada sebuah gambar, yaitu bukaan diaphragma, kecepatan shutter (shutter speed/rana), dan kepekaan sensor.

Underexposure (pajanan tidak normal) ini bisa terjadi akibat salah satu atau semua unsur tersebut bekerja kurang maksimal, misalnya bukaan diaphragma yang terlalu kecil, rana yang terlalu tinggi/cepat atau bisa kepekaan sensor (ISO) yang terlalu rendah, sehingga foto yang dihasilkan nampak lebih gelap dibandingkan dengan objek sebenarnya.

Untuk mengedit foto gelap jadi lebih terang atau jelas caranya sangat mudah, tidak memerlukan tehnik ribet, hanya dengan menggunakan editor foto online dan beberapa tahap editing saja foto sudah bisa lebih terang. Caranya seperti ini:

Cara Mudah Edit Foto Gelap Jadi Lebih Terang

Pertama upload foto gelap tersebut ke FOTO EDITOR, lalu buat salinan gambarnya klik "layer" - "duplicate layer", setelah itu gunakan tool otomatis klik "Adjustment" - "Auto leves".

Edit Foto Gelap Jadi Lebih Terang

Dengan Auto levels foto akan diperbaiki pencahayaan dan warnanya sehingga akan nampak lebih bagus, dan untuk lebih memperjelas, gunakan tool "filter" - "unsharp mask", atur ketajamannya sesuai karakter foto.

edit Foto Gelap Jadi Terang

Langkah selanjutnya adalah membuat foto jadi lebih terang dan jelas, caranya buat kembali salinan gambar (duplicate layer), lihat dibagian panel layer, rubah mode layer jadi "screen"


edit foto jadi terang

Dengan mode "Screen" pada layer akan membuat foto jadi lebih terang, jika terlihat terlalu terang atau pencahayaannya cenderung memutih, atur kembali di menu "adjustment" - "Brightness & contras" atau "level", jika sudah seperti yang diinginkan satukan semua gamar klik "layer"- "platten image" - "save".

edit foto jadi lebih jelas

Cara diatas sangat mudah dan cepat untuk mengedit foto yang nampak gelap (underexposure) jadi lebih terang dan jelas. Selamat mencoba!