Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Bokeh Pada Foto Dengan Tool Online

Sering disebut-sebut dalam tutorial edit foto atau website-website fotografi tentang efek "Bokeh". Bokeh dalam dunia fotografi jika dilihat dari visualnya tidak jauh berbeda dengan Blur atau depth of field (DOF).

Artinya sama mempunyai sisi atau latar belakang foto yang tidak jelas atau nampak kabur, namun bokeh tidak terbatas pada highlights atau ada semua latar belakang objek pada foto tergantung perbedaan lensa kamera dan cara pengambilan gambarnya.

Bokeh (latar belakang blur yang artistik) sudah banyak digunakan untuk menghasilkan foto-foto yang bagus, dan jika kita ingin mencobanya dengan bantuan editor foto kita bisa membuat efek bokeh sendiri, caranya cukup sederhana seperti berikut:

cara membuat efek bokeh foto online

Tahap pertama, siapkan foto yang akan diberi efek bokeh - unggah ke foto editor online pixlr - lalu buat salinan gambar, klik "layer""duplicate layer".

edit foto efek bokeh

Tahap kedua. Fokuskan objek utama dengan menyamarkan background, lihat pada tab layer, klik "add layer mask" lalu gunakan filter "gausian blur" dengan opacity full 250%.

cara foto efek bokeh

Tahap ketiga. Gunakan "gradient tool" untuk memunculkan efek blur pada foto, pilih gradient color warna putih transparat dengan type "radial". (lakukan dengan hati-hati saat masking). Dan jika sudah selesai jangan lupa gabungan layer "apply layer mask" - "Flatten image".

membuat efek bokeh pada foto

Langkah keempat. Untuk mendapatkan backround bokeh dengan ukuran sama, save terlebih dahulu hasil blur pada pixlr editor, lalu buka pixlr express untuk mengambil efek bokeh. Upload hasil blur tersebut, lalu hitamkan seluruh gambar klik "adjustment" - turunkan brightness sampai foto jadi hitam. Lanjutkan menerapkan efek bokeh , klik "overlay" - "bokeh". Ada banyak efek bokeh yang bisa diambil, dalam contoh ini mengambil efek "sign".

menambahkan efek bokeh pada foto

Tahap kelima. Save hasil efek bokeh tersebut lalu upload kembali ke pixlr editor, "layer" - "open image as layer". Gunakan kembali mask "add layer mask" seperti tahap dua diatas, untuk memunculkan efek bokeh.

cara edit foto bokeh

Tahap akhir. Untuk mengisi bagian background yang tampak kosong, bisa dengan memakai "clone tool" atau lakukan sekali lagi cara masking, efek bokeh bisa diputar atau disesuai dengan background menggunakan "move tool" atau pilih ukurannya melalui "layer" - "rotare" atau "flip layer".

tutorial efek bokeh pada foto

Cara diatas adalah langkah sederhana membuat efek bokeh pada foto, bisa juga menerapkan langsung efek bokeh di pixlr express namun tentu harus disesuaikan dengan karakter foto (tidak semua foto hasilnya bagus jika diberi efek bokeh). Selamat Mencoba!