Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Edit Foto Jadi Lebih Lembut dan Halus (Soft Focus Effect)

Cara Edit Foto Jadi Lebih Lembut dan Halus (soft focus glamour effect)
Result

Untuk membuat foto supaya terlihat lebih lembut dan halus caranya cukup mudah. Dengan memberikan efek Soft focus atau Fantasy Focus kita bisa merubah foto jadi lebih lembut. Biasanya cara ini digunakan untuk menghilangkan bercak atau detail objek yang tajam, juga dan menambah sedikit efek dramatic pada  foto.

Di dunia digital fotografi ada lensa khusus yang bisa digunakan untuk membuat efek ini dan beberapa kamera smartphone juga sudah ada yang menyediakan pengaturan efek lembut ketika mengambil foto.

Cara membuatnya sangat cepat, pada photoshop sudah disediakan efek soft focus, namun disini kita akan coba membuatnya dengan editor foto online!

Tahap pertama, upload foto ke pixlr editor online lalu buat salinan gambar terlebih dahulu - "layer" - "duplicate layer" lalu pertajam gambar dilayer baru tersebut - "filter" - "unsharp mask".


Cara Edit Foto Jadi Lebih Lembut

Tahap kedua, kembali buat salinan gambar / duplicate layer untuk gambar yang sudah dipertajam (layer pertama), kemudian beri efek blur dengan opacity 50 - 70 %, "filter" - Gaussian blur"


Cara Edit Foto Jadi Lebih Halus

Tahap ketiga, satukan layer pertama dan kedua - "layer" - "merge down", kemudian buat lagi "duplicate layer" - beri efek halus dengan "filter" - "glamour glow" lalu rubah mode layer jadi "screen" dengan opacity 50%.

Cara Edit Foto Jadi Lebih Lembut dan Halus

Tahap akhir, satukan seluruh gambar,  "layer" - "platten image", lalu beri sedikit kecerahan untuk warnanya, bisa dengan menambah saturasinya , "Adjustment" - "Hue & Saturation" atau bisa juga dengan menambah "color vibrance".


Edit Foto Jadi Lembut dan Halus

Save hasil editan dan selesai!. Perbandingannya setelah diberi efek ini foto terlihat lebih lembut dan halus, sangat cocok diterapkan pada foto-foto model landscape.

Cara Edit Foto soft focus glamour effect