Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Cover atau Sampul Ebook Dengan Editor Online

Membuat sampul Electronic Book alias E-Book atau buku elektronik memang memerlukan sedikit keterampilan dalam menentukan desain. Saat ini ada banyak aplikasi pembuat cover atau sampul baik itu untuk buku, album dan sejenisnya.

Jika ingin membuat cover buku secara online, Canva bisa jadi pilihan untuk belajar membuat cover buku sesuai desain sendiri atau mengikuti desain sampul buku yang sudah disediakan. Mengenai aplikasi atau editor Canva ini sebelumnya sudah dibahas (silahkan baca disini). Dan berikut ini adalah contoh membuat cover ebook atau buku elektronik dengan online editor tersebut.

Langsung saja, langkah pertama buka halaman Canva Editor, silahkan login menggunakan akun facebook atau google plus supaya lebih cepat. Jika sudah berhasil login, pada halaman dasboard klik bagian "More..." pada tab Create a design.

Cara Membuat Cover atau Sampul Ebook Dengan Editor Online

Ada beberapa pilihan layout untuk membuat cover diantaranya Magazine, Ebook, Kindle Cover, dan Album Cover. Jika ingin menentukan ukuran sendiri, pada langkah pertama di atas klik dibagian "Use custom dimensions"

Aplikasi Cover Buku Online

Setelah memilih desain, akan diarahkan pada halaman panel editor, melalui halaman ini sudah disediakan beberapa tool editing yang mudah digunakan. Diantaranya Layout, Element, Text, Background dan Tombol upload foto. Jika ingin menggunakan background foto,klik pada menu "Uploads"

Cara Membuat Cover Ebook Online

Jika foto sudah diupload, klik pada foto lalu drag/ geser ke bagian layout yang sudah dibuat. Sesuaikan ukurannya atau bisa menggunakan tool "crop" untuk memotong bagian foto. Untuk menerapkan efek bisa menggunakan tool "Filter"

cara membuat sampul buku online

Untuk menambahkan tulisan, klik pada menu "Text". Ada banyak model font yang bisa diterapkan pada desain yang sedang kita buat.

Membuat Cover Ebook Dengan Editor Online

Silahkan pilih jenis font style yang dikehendaki, klik lalu atur tulisannya pada menu editor untuk merubah warna, ukuran atau jenis font.


Selain menambahkan font, kita juga bisa menambahkan gambar atau pola pada menu element. Dan jika semua sudah selesai, untuk menyimpan hasilnya klik pada menu download, simpan dalam format JPG, PNG atau bisa dalam bentuk PDF. Hasil editan juga akan otomatis tersimpan di halaman dasboard akun kita.

Cara Membuat Cover atau Sampul Ebook Online

Langkah di atas adalah cara cepat dan simple membuat cover ebook atau buku secara online. Untuk pembuatan ebook sendiri ada banyak cara,bisa menggunakan Ms.Word, Adobe PDF, atau dengan software gratis seperti Calibre, Sigil, ePUBee Maker, E-book Builder, Shockbuilder dan masih banyak lagi software pembuat ebook gratis yang bisa dengan mudah ditemukan di Internet.

Cara Membuat Cover Buku online