Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Membuat Desain Grafis Online Dengan Canva

Ingin membuat berbagai desain grafis dengan mudah dan cepat caranya tidak sulit. Dengan menggunakan tool dari Canva editor, kita bisa membuat desain grafis sendiri tanpa memerlukan software seperti Adobe Photoshop, Coreldraw, Inkscape atau Paint Tool lainnya. Desain grafis sendiri adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Jadi intinya adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.

Canva adalah online design program yang menyediakan berbagai tool atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti card, player, poster, banner, infographics, album cover, book cover dan lain sebagainya. Ada juga alat editing untuk foto, diantaranya photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon dan desain grids.

Situs ini dirancang khusus untuk desain grafis, antarmuka website cukup mudah dipelajari sekalipun untuk pemula. Hanya memerlukan 1 akun saja kita bisa belajar membuat desain grafis sesuai keinginan dan ide sendiri. Untuk memulai menggunakan Canva caranya mudah, langkah singkatnya seperti berikut:

Buat akun Canva atau bisa sign in langsung dengan akun facebook/google plus.

Belajar Membuat Desain Grafis Online Dengan Canva

Pada dashboard akun terdapat pilihan desain yang sudah disediakan diantaranya social media post, document, blogging & eBooks, marketing material, event dan ads. Cukup pilih / klik salah satu desain yang akan dibuat.

Membuat Desain Grafis Online

Setelah memilih desain, akan diarahkan pada panel editor. Dibagian tersebut terdapat beberapa tool editing yang bisa digunakan untuk membuat desain seperti layout, element, text, background dan tombol untuk upload foto.

Belajar Membuat Desain Grafis Online

Setelah selesai mengedit, kita bisa langsung mengunduhnya atau dishare ke sosial media. Tapi perlu diingat, ada beberapa layout berbayar dan ada juga yang gratis, jika menggunakan layout atau backround dari Canva kita akan dikenakan biaya $1 untuk bisa didownload. Namun jika menggunakan foto sendiri tentu saja tidak dikenakan biaya.

Belajar Desain Grafis Online

Aplikasi atau website Canva ini sangat membantu untuk membuat berbagai visual art yang menarik dan untuk belajar membuat berbagai desain grafis secara online. Silahkan kunjungi situsnya disini.