Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Foto Mirip Instagram Dengan Editor Online

Cara Memberi Efek Foto Mirip Instagram Dengan Editor Online
Result

Efek Instagram saat ini jadi salah satu style tersendiri bagi para pencinta kamera ponsel. Setiap hari ada banyak foto yang diunggah di situs instagram dengan efek-efek menarik untuk dilihat. Filter atau efek foto model instagram ini memang memungkinkan menghasilkan foto-foto yang bagus, bahkan ada ranking tersendiri untuk efek yang sering atau banyak digunakan saat ini seperti Earlybird, Nashville, Toaster, Kelvin dan masih banyak lagi.

Kali ini dengan menggunakan editor foto online (pixlr), saya mencoba membuat efek Earlybird dan hasilnya lumayan bagus dan tidak memerlukan waktu yang lama. Langsung saja ikuti tahapan pembuatannya seperti berikut:

Tahap pertama, buat terlebih dahulu background border untuk foto. Tipe border foto untuk earlybird adalah rounded dengan rasio ukuran 1:1 biasanya 612 x 612 pixel. Namun tentu sesuaikan saja dengan ukuran foto yang akan dibuat. Buka pixlr editor - Create New Image.

membuat efek instagram online

Tahap kedua, upload foto yang akan diberi efek, "layer - "open image as layer", lalu untuk membuat border nya , klik "add layer mask" pada layer foto, gunakan "Drawing tool" tipe "rounded rectangle tool" dengan radius 60 %.

cara membuat filter instagram

Tahap ketiga, jika sudah selesai membuat border, "apply layer mask", lalu duplicate layer foto untuk memberi efek instagram. Pertama beri efek hitam atau bisa juga efek blur dibagian samping foto, klik "Filter" - "Vignette".

efek foto instagram online

Karakter efek earlybird pada intinya adalah perpaduan antara warna cokelat dan kuning. Untuk memberi efek warna cokelat, klik "Adjustment" - "Sepia" turunkan opacity 50%.

cara edit foto jadi instagram

Tahap keempat, satukan terlebih dahulu layer pertama dan kedua (efek sepia), klik "layer - "merge down", lalu buat kembali duplicate layer untuk memberi tone warna kuning. Klik "Adjustment" - "color lookup" - pilih warna kuning.

edit foto efek instagram

Foto akan nampak seperti gambar diatas, lalu pada bagian navbar layer, rubah mode layer tersebut jadi "multiply" turunkan opacity 50%.

membuat foto mirip instagram

Tahap akhir, satukan layer "merge down" lalu untuk memberi warna dan tekstur pada border, pertama pilih warna pada menu "set main color" (paling bawah), terapkan dengan "Paint bucket tool" dan gunakan filter "scanlines" untuk memberi tekstur.

efek instagram

Satukan seluruh layer "platten image" dan untuk tone warna terakhir di panel "Adjustment" gunakan "curves" untuk mengatur kontras dan pencahayaannya dan gunakan "color vibrance" untuk mengatur ketebalan warna pada foto. Save hasilnya.

edit foto online efek instagram earlybird