Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Edit Foto Efek Retro Online

Cara Mudah Edit Foto Efek Retro Online
Result

Foto dengan tampilan warna berbeda atau biasa disebut dengan Retro jadi style tersendiri di dunia fotografi. Sekilas memang hampir sama saja antara Retro, Vintage, dan Antique namun dalam seni foto masing-masing memiliki khas atau karakteristik tersendiri tapi tetap sama diambil dari segala sesuatu trend yang jadul atau lama (oldstyle).

Untuk seni fotografi yang membedakan antara vintage dan retro lebih kepada karakter fotonya saja, vintage biasanya memiliki tone warna pudar dengan karakter foto benar-benar lama, sedangkan retro warnanya lebih cerah objek foto modern tapi dibuat dengan gaya lama, warnanya tidak terfokus kuning atau hijau tua seperti vintage tapi lebih bervariasi lagi.

Berikut ini contoh bagaimana cara memberi efek retro pada foto dengan foto editor online, caranya cukup mudah dan cepat, ikuti langkahnya sebagai berikut:

Pertama, siapkan foto yang akan dibuat retro style, upload ke foto editor online pixlr - perjelas gambar terlebih dahulu "unsharp mask" 

membuat efek foto retro

Tahap kedua, untuk lebih memfokuskan objek utama berikan sedikit blur pada sisi-sisi backroundnya. Supaya hasil blur lebih rapih, gunakan masking klik "duplicate layer" -"add layer mask" - "filter" - "blur" 5 - 10 kali, lalu gunakan "gradient tool" untuk menerapkan blur.

edit foto retro

Tahap ketiga, terapkan layer mask pada tahap kedua di atas, lalu buat salinan gambar "duplicate layer" dan untuk memberikan warna atau efek retro gunakan tool "Adjustment" - "curves" - "preset" - pilih "light amber", naikan warna hijau (green) sejajar dengan warna RGB (hitam putih).

efek retro online

Tahap ke empat, gambar sudah terlihat efek retro, agar kesan analog retronya tidak terlalu kontras, pertama turunkan kedalaman warna nya dengan "adjustment" - "color vibrance" lalu turnkan opacity layer nya 50%.

cara edit foto efek retro

Tahap kelima, berikan sedikit kesan warna hitam pada bagian samping, klik "filter" - "vignette" setelah itu satukan layer "platten image" dan save hasilnya.

menambahkan efek retro pada foto

Untuk membuat lebih bagus lagi bisa ditambahkan border di pixlr express, penerapan efek pada curves bebas sesuai selera kita sendiri, karena pada tool curves pixlr editor ada banyak sekali efek-efek menarik yang bisa dicoba. Selamat berkreasi!

efek retro style photo