Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sebelum Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Tips Sebelum Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Perkembangan ponsel terbaru atau biasa disebut smartphone memang sangat cepat sekali dengan beragam fitur canggih yang dihadirkan, tidak terkecuali perangkat untuk mengambil foto atau fitur camera yang dihadirkan. Saat ini dengan camera minimal 2 megapixel saja sudah bisa mengambil foto-foto dengan hasil yang cukup bagus.

Saat moment spesial hadir seperti moment tahun baru yang biasanya dirayakan oleh seluruh orang diberbagai dunia, saat seperti inilah camera simple dari smartphone sangat berguna untuk mengabadikan moment tersebut. Sebelum mengambil foto atau sekedar selfie ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut yang mungkin bisa jadi inspirasi.

Ketahui setingan kamera pada smartphone

Saat ingin mengambil foto dengan smartphone, perhatikan mode auto bawaan smartphone tersebut. Hal ini akan memudahkan untuk kita mengatur objek gambar, seberapa kemampuan camera dalam menghasiilkan foto nantinya. Kita bisa meningkatkan kualitas gambar dengan mengutak-atik fitur-fitur lain seperti mengontrol fokus, exposure, white balance dan ISO.

Pilih Resolusi gambar paling tinggi

Untuk ukuran resolusi, semakin tinggi resolusi sebuah gambar maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan, baik itu dari segi warna, ketajaman dan sebagainya. Pilihlah resolusi paling tinggi yang ada pada smatphone tersebut. Aspek rasio juga harus diperhatikan gunakan rasio klasik 4:3 atau jika smartphone high end bisa menggunakan rasio 16 : 9 sensor kamera.

Jangan gunakan fitur zoom kamera

Saat mengamil foto dengan objek yang cukup lebar/besar cobalah mendekat, jangan gunakan zoom karena hasilnya akan tidak memuaskan apalagi kalau smartphone hanya memilik kamera standar seperti VGA misalnya maka digital zoom ini harus dihindari karena zoom akan mengurangi kualitas gambar. Jika ingin mengambil beberapa bagian saja dari objek foto, maka croping atau memotong foto lebih disarankan.

Perhatikan bagian lensa kamera

Lensa kamera pada smartphone biasanya sangat mudah kotor karena debu, gunakan kain yang lembut halus untuk membersihkannya terlebih dahulu. Dan jika ingin lebih mengoptimalkan bagian lensa, kita bisa menggunakan perangkat dari pihak ketiga atau lensa attachable seerti aplikasi Photojojo atau Olloclip Macro yang kompatibel dengan iPhone dan Android.

Gunakan filter kamera smartphone

Saat ini sebagian besar smartphone sudah dilengkapi dengan beragam filter menarik yang bisa dicoba, gunakan fitur ini untuk mengambil gambar-gambar yang menurut kita unik. Kita bisa melihat contohnya sendri, beberapa foto yang bagus di situs instagram misalnya, hampir 95% adalah hasil jepretan smartphone dan bukan oleh fotografer profesional.

Cobalah aplikasi kamera atau editor foto smartphone

Aplikasi camera smartphone sangat membantu untuk menghasilkan foto-foto yang keren, bagus, unik dan menarik. Banyak aplikasi kamera berkualitas baik dan paling penting lagi adalah gratis alias bisa dipakai secara cuma-cuma. Sebagai rujukan bisa dibaca disini Aplikasi Editor Foto Gratis Untuk Mobile Phone