Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Foto Jadi Mirip Lukisan Dengan Tool Online

Foto lukisan atau oil painting adalah teknik menggambar menggunakan campuran pigmen dan minyak khusus yang banyak digunakan oleh para pelukis profesional untuk menciptakan seni-seni gambar menarik hasil olahan tangan mereka. Jika kita ingin menciptakan satu lukisan yang bagus namun tidak punya keahlian melukis, bisa mencoba membuat atau merubah foto digital jadi mirip lukisan.

Baca juga: Situs Untuk Merubah Foto Jadi Sketsa Pensil Online

Ada banyak sekali tutorial atau tehnik-tehnik bagus yang dishare diluar sana menggunakan photoshop, namun disini kita akan menggunakan editor online dari fixlr untuk merubah foto jadi mirip lukisan. Caranya cukup mudah hanya menggunakan "Smudge tool" dan sedikit efek yang sudah disediakan dalam foto editor online Pixlr.

Cara Merubah Foto Jadi Mirip Lukisan Dengan Tool Online
Result
1. Siapkan foto yang akan dirubah, buka foto editor lalu upload foto melalui "Open Image From Computer". Buat salinan foto melalui "layer" lalu pilih "Duplicate Layer". Beri nama layer baru tersebut untuk memudahkan edit foto.

Merubah Foto Jadi Mirip Lukisan

2. Kita sudah memiliki layer baru seperti diatas, jika foto terlalu gelap atau terlalu cerah atur terlebih dahulu pencahayaannya melalui "Adjustment" sampai kira semua objek terlihat jelas. Jika sudah lanjutkan dengan memberi efek pada foto, klik menu "Filter" lalu pilih "Noise". Pada dialog blox unlist pilihan "Monocromatic" dan biarkan ukuran efek tetap 50.

Cara Membuat Foto Jadi seperti Lukisan Online

3. Foto sudah diberi efek, lanjutkan untuk menghaluskannya dengan "Smudge tool". Pilih brush sesuai lekuk objek pada foto (gunakan brush kecil untuk objek foto yang kecil seperti mata, bibir dan juga sebaliknya). Untuk setingan brush gunakan Strengh 2 dan Hardness 20.

edit Foto Jadi Mirip Lukisan

Haluskan foto dengan smudge tool diatas, sampai foto terlihat halus dan efek "noise" hilang.

edit Foto seperti Lukisan Dengan Tool Online

4. Jika sudah selesai, dan foto terlihat halus lanjutkan dengan membuat layer baru lagi, ikuti seperti tahap 1. Efek dari smudge tool akan membuat warna sedikit lebih gelap, kita bisa mengatur pencahayaan kembali pada menu "Adjustment" pilih "Curves" sesuaikan pencahayaan foto dengan menarik kurva pada dialog box.

membuat foto lukisan dengan foto editor

5. Lanjutkan dengan member efek tajam pada foto, klik menu "Filter" pilih "Sharpen" 1 kali lalu pilih "Mimic HDR. Dengan efek ini foto akan tampak semakin jelas warna dan ketajamannya, lanjutkan dengan menghaluskannya kembali dengan "smudge tool" seperti pada no 3.

Cara ubah Foto Jadi Lukisan

6. Proses smudge tool akan memberi efek pensil pada foto, lakukan secara perlahan sesuai lekukan objek foto dan jika sudah selesai, beri efek halus pada foto dengan blur, klik "Filter" pilih "Gaussian Blur" dengan opacity 50. Lalu klik pada bagian "Toogle Layer Setting" pilih opacity paling kecil atau sesuai kejelasan pada foto kita. (pada contoh ini menggunakan opacity 20).

edit Foto Jadi Lukisan Dengan fixlr

7. Tahap akhir. Setelah proses bluring di atas, satukan seluruh foto melalui "layer" pilih "Flatten Image" dan save hasil editan. Untuk lebih memperindah hasil editan bisa digunakan bingkai atau efek lain di fixlr express editor.

Hasil editan Foto Jadi Mirip Lukisan Dengan Tool Online

Langkah ini adalah cara sederhana dan mudah untuk merubah foto digital menjadi mirip seperti lukisan, cara di atas juga bisa digunakan untuk membuat karikatur dengan foto, hanya memerlukan sedikit sentuhan lagi untuk membuat efek kartun. Selamat mencoba!