Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Untuk Membuat Desain Infografis Secara Online

Infographics atau Information + Graphics masih bagian dari seni desain grafis dimana kegunaannya ditujukan untuk memberikan informasi melalui visualisasi gambar atau video. Infografis sendiri secara umum dibagi 3 bagian yaitu statis, animasi dan interaktif. Jenis Infografis statis atau yang menggunakan rangkaian gambar adalah paling banyak dipakai, karena selain simple juga mudah dalam proses pembuatannya, selain itu juga bisa lebih efektif disampaikan lewat website, sosial media, forum dan lainnya.

Tempat Membuat Desain Infografis Online

Infografis sering memuat sumber data-data hasil survei yang dituangkan melalui gambar, sering juga disebut infografik karena memberikan visual grafik tertentu melalui media gambar yang mudah difahami. Untuk membuat sebuah infografis yang ideal atau sempurna setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu beberapa point atau bahan yang akan divisualkan, contohnya seperti topik, melakukan survey/riset, analisa data, membuat sketsa/desain, membuat narasi dan menggabungkannya menjadi sebuah infografis.

Nah, bagi yang ingin belajar membuat infografis dengan mudah, beberapa situs penyedia layanan infografis online berikut ini bisa dicoba, selain sudah menyediakan berbagai desain menarik juga bisa digunakan secara gratis!

Piktochart

situs tempat membuat infografis online

Situs ini khusus menyediakan tool online untuk membuat infografis atau presentasi dengan gambar+video. Alat editornya cukup mudah difahami, dengan beberapa tool yang cukup baik digunakan untuk mengubah skema warna dan font, menyisipkan grafis pre-loaded dan upload desain atau gambar. Untuk versi gratis disediakan pilihan tiga tema dasar yang bisa langsung diedit, sementara versi pro harganya sekitar $29 per bulan atau $169 untuk satu tahun.

Easelly

infografis online

Situs ini adalah layanan Infographic berbasis web gratis yang menyediakan banyak template gratis untuk membuat persentasi gambar. Easel juga menyediakan berbagai obyek gambar orang, background dan shapes, yang bisa kita drag dan drop untuk ditempatkan pada template. Selain itu, kita juga bisa upload gambar dan menyesuaikan teks dengan berbagai font, warna, gaya teks dan ukuran.

Situs ini sudah banyak dibahas disini, Canva sangat bermanfaat untuk membuat segala macam desain grafis termasuk Infografis. Menyediakan fitur pembuat Infographis khusus yang bisa digunakan secara gratis, dengan ratusan elemen gratis atau premium seharga $1 saja.

Infogram

infografis online

Sama dengan situs di atas, layanan ini juga menawarkan template, spreadsheet dan utilitas lain untuk membangun grafik visual. Infogram menyediakan berbagai desain grafik, diagram dan peta serta fitur untuk mengupload foto dan video sendiri untuk membuat infografis keren. Pembuatan Infographis dalam gaya spreadsheet Excel yang bisa diedit dengan mudah.


situs pembuat desain infografis

Situs ini memungkinkan untuk membuat presentasi interaktif, infografis dan konten menarik lainnya. Menyediakan banyak template, dan desain gratis juga ikon untuk menciptakan konten visual grafis dengan mudah. Fitur yang paling diunggulkan adalah mengubah persentase dalam grafik, dimana pengguna cukup masukkan nomor-nomor yang diinginkan, dan grafik akan dibuat secara otomatis.


situs infografis online

Situs ini juga menyediakan alat untuk membuat dan mempublikasikan infografis secara online. Disediakan beberapa templates, themes, grafik dan icon juga bisa membuat gambar dan animasi sendiri untuk akun gratis. Sedangkan untuk upgrade ke akun premium perlu biaya sebesar $19/bulan.

Itulah beberapa tempat untuk membuat infografis, fiturnya ada yang gratis ada juga yang berbayar (akun premium). Untuk alternatif tempat membuat infografis secara online lainnya bisa dicoba beberapa situs berikut ini:
  • http://visual.ly
  • http://vizualize.me
  • https://www.fluxvfx.com
  • http://creately.com