Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah Warna Rambut Dengan Foto Editor Online

Beberapa tool/alat foto editor online sangat membantu untuk membuat atau makeover wajah termasuk mengganti warna rambut. Dengan bantuan foto editor online ini, kita bisa dengan mudah mengedit berbagai tampilan foto sesuai yang diinginkan, dan tentu tidak memerlukan waktu lama alias gampang digunakan.

Salah satu alat foto editor online yang cukup berguna adalah brush dan color replace tool, karena alat ini kita bisa merubah warna foto dengan mudah dan cepat. Selain alat ini ada tool dasar lain khusus untuk "retouching" wajah, bisa dilihat di artikel berikut: Tool Dasar Untuk mengedit Foto Wajah (Photo Retouching)

Merubah Warna Rambut Dengan Foto Editor Online
Result
Dan berikut ini adalah contoh mudah merubah warna rambut dengan foto editor online. Langsung langkah pertama siapkan foto yang akan diedit lalu unggah ke foto editor. Buat salinan gambar terlebih dahulu, klik layer - duplicate layer, atau klik kanan pada menu layers background

Merubah Warna Rambut Online

Langkah kedua, buat layer kosong baru. layer - new layer. lalu pilih tool brush dan pilih warna brush pada bagian "set main color" paling bawah.


Langkah ketiga terapkan brush pada bagian rambut yang akan dirubah warnanya. Jika rambut tidak terlalu keriting atau lurus pendek akan lebih rapih jika potongan rambut dipilih terlebih dahulu menggunakan "Lasso Tool"

edit foto warna rambut

Langkah keempat, untuk menggabungkan warna rubah mode layer dari normal ke mode screen, lalu turunkan opacity layer sampai 10 - 20%.

cara edit foto ganti warna rambut

Langkah kelima, kurangi sedikit pencahayaan untuk layer brush, klik Adjustment - brightness & contrast, rapikan hasil brush dengan erase tool, lalu satukan layer warna brush dengan layer kedua/salinan. klik layer - merge down. Pada tahap ini warna rambut sudah berubah, dan jika ingin lebih halus/menyatu, gunakan tool "Color Replace Tool"


Langkah ke enam, pilih warna "set main color" yang akan diterapkan pada rambut, kemudian arahkan mouse/kursor pada bagian rambut secara hati-hati.

edit foto merubah warna rambut

Langkah terakhir, jika sudah nampak rapi dan warna menyatu dengan gambar, satukan layer, satukan layer gambar, klik layer - flatten image, lalu gunakan perbaikan gambar otomatis dengan menu Adjustment - Auto Level dan save hasilnya.

Dengan foto editor online dan cara ini kita bisa dengan mudah merubah warna rambut sesuai yang diinginkan. Color Replace Tool juga berguna untuk merubah warna apa saja dalam foto kecuali jika warna dasarnya hitam atau putih, maka bisa dilakukan seperti cara di atas. Selamat mencoba!