Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Edit Foto Online Hasil Kamera Handphone

Foto hasil jepretan kamera ponsel atau Smartphone saat ini sudah tidak kalah dengan foto-foto hasil kamera digital yang harganya selangit. Apalagi saat ini beberapa smartphone keluaran terbaru dari berbagai merek terkenal sudah dilengkapi dengan kamera dengan resolusi setara bahkan lebih dari kamera digital compact atau saku.

Memang untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus tergantung keahlian dari yang mengambil foto itu sendiri, jika pas dalam menentukan komposisi entah itu tata letak, sudut pandang, simetri dan lain sebagainya maka foto yang dihasilkan akan bagus meski dengan kamera hp yang memiliki resolusi kecil.

Jika kamu mempunyai foto hasil kamera Hp dan ingin diedit secara online, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu dan bermanfaat.

Crop/Memotong

Selain berguna untuk memperkecil atau merubah ukuran foto, memotong gambar atau foto juga bisa membuat foto terlihat lebih rapih, artinya kita bisa menentukan objek atau bagian foto mana yang ingin lebih ditonjolkan.

Tips Edit Foto Online Hasil Kamera Handphone

Pada foto editor online Pixlr, tool pemotong gambar ada di bagian "image" - "crop". Untuk mengatur ukuran atau aspek rasio, bisa disesuaikan di bagian"constraint"

Koreksi Warna dan Pencahayaan

Salah satu hal yang bisa membuat tampilan foto menjadi lebih bagus adalah dengan memperbaiki tampilan warna atau pencahayaan pada foto. Pada foto editor online memperbaiki warna dan pencahayaan foto bisa dengan satu kali klik menggunakan tool "adjustment" - "auto level".

Tips Edit Foto Kamera Handphone

Selain tool auto level, untuk memperbaiki warna dan pencahayaan foto bisa juga dengan menggunakan brigtness & contrast, color balance atau levels. 

Tool Sharp Mask

Jika foto tampak kurang jelas atau buram, untuk menajamkan gambar bisa menggunakan tool "unsharp mask". Klik pada bagian filter - unsharp mask, lalu sesuaikan radius dan treshold untuk memperjelas visual gambar.

Edit Foto Online Hasil Kamera Hp

Tool ini sangat berguna untuk mempertajam foto. "Unsharp Mask", atau USM (Catatan: kata "unsharp" bukan mengacu pada menghlangkan ketajaman gambar, justru akan membuatnya lebih tajam).

Menambahkan Efek

Beberapa kamera smartphone sudah dilengkapi dengan berbagai efek menarik yang bisa diterapkan saat atau sesudah mengambil foto. Namun jika ingin menggunakan foto editor online, ada banyak sekali efek menarik yang mudah digunakan. Pada Pixlr editor, menu efek bisa ditemukan di bagian "Filter" sedangkan untuk warna/color grading bisa menggunakan tool "Curves".

Tips Edit Foto Online

 Tips: Jangan berlebihan menerapkan efek pada foto, sesuaikan dengan karakter gambar yang dihasilkan supaya hasil editan nampak lebih baik.

Gunakan Editor Pixlr 

Pixlr Editor sangat cocok untuk yang tidak ingin ribet, atau untuk pemula yang ingin mengedit foto hasil kamera hp dengan cepat. Ada banyak tool yang disediakan untuk mengedit foto dengan berbagai menu yang sangat mudah sekali digunakan.

Edit Foto Online Hasil Kamera Smartphone

Melalui pixlr, mengedit foto hasil kamera hp jadi semakin mudah, karena semua tool yang dibutuhkan untuk mengedit foto termasuk background, bingkai atau frame foto sudah disediakan dan bisa digunakan gratis termasuk aplikasi smartphone yang bisa di download baik melalui iTunes (untuk iOS) atau Google Play (untuk Android).