Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tool Untuk Membuat Efek Halftone Pada Pixlr Editor

Dalam dunia foto dikenal istilah Halftone. Menurut pengertiannya ini merupakan teknik reprografi yang mensimulasikan citra warna kontinu melalui penggunaan titik, bervariasi baik dalam ukuran atau jarak, sehingga menghasilkan gradien seperti efek.

Foto yang dihasilkan kadang terlihat seperti gambar-gambar dalam buku komik atau kartun dan efek seperti inilah yang sangat populer terutama sering dipakai pada pembuatan retro poster designs.

Untuk membuat efek ini caranya tidak sulit, pada foto editor online banyak sekali disediakan filter halftone bahkan ada juga situs edit foto online yang menyediakan khusus efek halftone seperti di situs picturetopeople.org.

Result

Pada pixlr editor online, untuk membuat efek ini sangat mudah, silahkan buka halaman photo editor pixlr - upload foto yang akan diberi efek halftone.

Tool Untuk Membuat Efek Halftone Pada Pixlr Editor

Buat terlebih dahulu salinan gambarnya klik layer - duplicate layer - kemudian pilih filter - Halftone

Membuat Efek Halftone Pada Pixlr Editor

Pada dialog box yang keluar atur ukuran dots atau lingkaran efek pada "point size" dan "Multiplier" . Setelah efek halftone diterapkan buat kembali salinan gambar (duplicate layer) - hitamkan gambar atau layer ketiga klik - "adjustment" - "desaturate" - rubah mode layernya ke "Screen".

Efek Halftone Pada Pixlr Editor

Satukan seluruh layer klik layer - platten image - save hasilnya. Jika ingin menambahkan efek poster klik pada bagian tool Adjustment - Posterize, gunakan toll opacity untuk mendapatkan hasil editan yang lebih baik. Selamat mencoba!