Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Smudge Painting Secara Online

Smudge painting adalah bagian dari seni digital fotografi yang biasanya dibuat dengan alat editor smudge pada olahan software seperti photoshop atau yang lainnya. Tampilan akhir hasil editingnya hampir mirip dengan lukisan cat minyak atau oil painting, namun lebih rapih dan halus.

Membuat Efek Smudge Painting Secara Online

Membuat smudge paintng dengan foto digital memang memerlukan sedikit keterampilan edit foto dan cukup memakan waktu lama, namun jika sudah terbiasa menggunakan photoshop dan mahir mungkin proses editing akan cepat.

Berikut ini adalah cara mudah dan cukup simple membuat efek smude painting langsung dari browser internet secara online yang mungkin bisa dicoba buat kamu yang ingin membuat efek smudge painting secara online.

Langkah pertama siapkan foto yang akan diedit, bisa dibuat duplikasi terlebih dahulu atau langsung saja diterapkan efeknya. Buka halaman IMGonline lalu seting bahasa ke bahasa inggris dibagian menu bawah. Klik bagian "Effect" - pilih "Fairytale picture" lalu upload foto yang akan diedit.

Efek Lukisan Smudge Painting Cecara Online

Pada bagian editor sesuaikan setingan seperti gambar di atas, bisa dipilih efek dari low - maximum semakin tinggi efek semakin halus atau smooth hasilnya, namun sesuaikan saja dengan karakter foto yang akan di edit. Jika sudah disetting klik tombol OK untuk menerapkan efek.

Langkah 2. Hasil penerapan efek bisa langsung di download terlebih dahulu atau langsung dibuka (ditransper ke foto editor online pixlr) caranya copy URL hasil efek - buka halaman pixlr - klik "open image from URL - masukan URL yang dicopy.

Efek Smudge Painting Online

Langkah 3. Mengatur tone atau pencahayaan foto dengan tool "Hue & Saturation" dan "Levels". Hasil efek untuk sebagian gambar mungkin akan terlalu kontras, edit dengan kedua tools tadi sampai foto terlihat cerah dan warnanya sesuai.

Cara Membuat Efek Smudge Painting Secara Online

Langkah 4. Haluskan dengan tool "Smudge". Untuk mendapatkan efek lukisan gunakan alat smudge. Klik pada pilihan menu editor "smudge tool" - klik menu "Brush" - pada dialog box klik "more" - masukan alat smude ke bagian menu editan.

Smudge Painting

Langkah 5. Menghaluskan bagian foto. Gunakan kuas smudge sesuai lekukan foto. Pilih kuas paling kecil dengan setingan paling kecil juga (strength 1 atau 2) supaya efeknya tidak terlalu menonjol. Pada langkah ini mungkin memerlukan sedikit waktu untuk melukis bagian foto.

Membuat Smudge Painting Online

Langkah 6. Menghaluskan foto dengan efek "Gausian Blur". Setelah proses melukis dengan tools smudge lanjutkan dengan menghaluskan seluruh bagian foto. dengan memberi sedikit saja efek blur. Buat terlebih dahulu salinan gambar "duplicate layer" - pilih "Filter" - Gaussian Blur" - kurangi sedikit opacity pada bagian navigasi layer.

Smudge Painting Dengan Online Editor

Langkah 7. Satukan semua layer. simpan gambar untuk selanutnya bisa diberi sedikit efek dan overlay background supaya lebih terlihat bagus melalui pixlr express.

Efek Smudge Painting Secara Online

Backround atau overlay pada contoh diatas menggunakan efek smoke - above dengan ammount 50%. Hasil dari editannya terlihat seperti diatas, dan perbedaan nya bisa dilihat sebagai berikut:

Membuat Efek Smudge Painting Online

Itulah cara membuat efek smudge painting secara online langsung melalui browser editor menggunakan foto editor online. Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat melalui video tutorial: