Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Foto Manipulasi Refleksi atau Bayangan

Foto manipulasi memang beraneka ragam, tergantung ide dari si pembuatnya. Untuk manipulasi refleksi atau bayangan banyak sekali para ahli yang sudah membagikan tutorialnya secara online, meski sebagian besar mengunakan software canggih seperti photoshop dan manipulasi foto dengan foto editor online.

Sebelumnya cara membuat bayangan atau refleksi ini sangat mudah, bisa didiliha di tutorial lama sebelumnya disini: Cara Mudah Membuat Bayangan atau Refleksi Foto

Tutorial berikut ini adalah cara mudah membuat foto manipulasi bayangan hanya dengan menggabungkan 2 buah gambar saja melalu editor online tentunya.

Cara Mudah Membuat Foto Manipulasi Refleksi atau Bayangan

Bahan yang diperlukan hanya sebuah foto orang yang berdiri dengan bayangan, bisa di pantai, di jalan atau dimana saja lalu edit dengan sedikit tambahan foto kedua melalui foto editor online seperti langkah berikut ini:

Pertama buka foto yang akan di edit melalui photo editor online. lalu buat salinan gambar terlebih dahulu (duplicate layer)

edit foto online Membuat Foto Manipulasi Refleksi atau Bayangan

Langkah kedua, hapus bagian kaki dengan "erase tool", buka kunci layer background agar memudahkan menghapus bagian yang akan dihilangkan.

edit foto online Cara Manipulasi Bayangan

Langkah ketiga, untuk menambahkan bagian lekukan sepatu,upload foto kedua "open image as layer" lalu potong bagian yang diperlukan dengan "Marquee tool" copy bagian yang diinginkan lalu paste, maka hasil potongan akan muncul pada layer baru.

edit foto online

Langkah ke empat, gunakan potongan gambar untuk menutup bagian sepatu pada layer utama, dan layer ketiga bisa dihilangkan terlebih dahulu (delete layer). Turunkan sedikit opacity layer - cocokan bagian potongan gambar dengan background layer - lalu rapihkan dengan erase tool kembali.

Manipulasi Refleksi atau Bayangan

Lakukan hal sama dibagian gambar sebelahnya, setelah itu satukan layer - klik layer - merge down.

edit foto bayangan

Langkah kelima, samakan warna bagian gambar, dengan "brush tool". Buat terlebih dahulu duplicate layer, lalu brush bagian warna dan rapihkan kembali dengan erase tool.

cara edit foto manipulasi mudah

Langkah ke enam, setelah menyamakan warna, satukan kembali layer (merge down) lalu mulai menutup bagian yang terhapus pada layer utama dengan menggunakan "Clone stamp tool" lalukan secara hati-hati sesuai alur gambar. Cara menggunakan clone bisa dilihat disini.

edit foto manipulasi gampang

Langkah terakhir, setelah semua gambar tertutup, satukan layer dengan background - save haslinya.

Cara Mudah Membuat Foto Manipulasi Online

Untuk lebih jelas lagi silahkan simak video tutorialnya di bawah ini:.