Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Foto Manipulasi Cepat Dengan Editor Online

Foto manipulasi memang menarik untuk dilihat. Di jejaring sosial, banyak pengguna menggunakan aplikasi smartphone seperti Picsart, yang membuat foto manipulasi dengan gaya Up and Up yang terinspirasai dengan konsep video klip band Coldplay dimana dipadukan berbagai rangkaian video berisi foto dan video yang hampir tidak masuk akal seperti ikan hiu dilangit, bayi di kapal terbang, para perenang di gelas kopi dan sebagainya.

Membuat Foto Gaya Up and Up

Sebenarnya membuat foto manipulasi seperti ini cukup mudah dibandingkan membuat bentuk manipulasi video, hanya diperlukan 2 gambar berbeda lalu disatukan sehingga nampak menyatu.

Langung saja contoh sederhananya seperti ini: Pertama siapkan 2 buah foto yang akan di edit, upload foto pertama ke foto editor online - lalu buat salinan gambarnya terlebih dahulu (duplicate layer)

Membuat Foto Manipulasi Gaya Up and Up

Langkah kedua, upload foto kedua sebagai layer. Klik pada tab layer - Open image as layer - lalu sesuaikan ukurannya dengan letak background foto pertama dengan klik menu edit - free transform.


Membuat Foto Manipulasi

Langkah ke tiga, untuk menyatukan gambar, pertama lihat pada menu panel editor layer, lalu klik "Add layer mask"

Cara Edit Foto Manipulasi Gaya Up and Up

Langkah ke empat, setelah membuat layer mask, munculkan bagian foto kedua tadi dengan Brush tool (B) - atur ukuran brush sesuai yang diinginkan pada menu navigasi bagian atas, lakukan brush dengan hati-hati.

Mengedit foto Gaya Up and Up

Langkah ke lima, rapihkan dengan Erase tool atau alat penghapus jika ada bagian yang terlihat kurang rapih dan sebaliknya brush kembali mengikuti lekukan atau arah pada gambar sampai selesai. Jika sudah terapkan layer mask klik apply layer mask lalu satukan semua gambarnya "flatten image"

Foto Manipulasi Up and Up

Terakhir, setelah gambar disatukan bisa diedit kecerahan, warna ataupun yang lainnya sesuai yang diinginkan. Cara ini sangat mudah sekali, dan tingkat kesulitannya tentu tergantung dari jenis foto yang akan di edit, jika ingin lebih cepat usahakan background dan foto layer mempunyai warna sama, supaya memudahkan dalam pengerjaannya.