Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Bayangan atau Refleksi Foto

Membuat fake reflection atau bayangan (shadow) buatan pada foto caranya cukup mudah namun tentu saja tingkat kesulitannya tergantung pada objek pada foto itu sendiri.

Dalam dunia fotografi memotret bayangan ini jadi style atau gaya tersendiri, dimana hasilnya biasa disebut dengan reflection photography. Jenis foto yang dihasilkan juga beragam ada yang natural, surreal, abstrak, arsitektur dan lain-lain sesuai  eksplorasi, kreativitas serta selera si pemotret.

Cara Mudah Membuat Bayangan pada Foto

Berikut ini adalah cara mudah membuat bayangan atau refleksi hanya menggunakan editor online (pixlr). Siapkan foto yang akan dijadikan bayangan dan background utamanya - upload backround - lalu foto kedua jadikan layer - "open image as layer"

Cara Mudah Membuat Bayangan atau Refleksi Foto

Hapus bagian foto yang tidak terpakai dengan erase tool/wand tool, lalu buat salinan foto "duplicate layer" selanjutnya rubah mode layer salinan (layer 1 copy) jadi "Difference" lihat gambar dibawah:.


Cara Mudah Membuat Bayangan Foto

Gabungkan layer 1 dengan salinannya klik "Layer" - pilih "Merge Down".

Membuat Bayangan Foto

Selanjutnya untuk membentuk bayangan, gunakan filter blur "gaussian blur" lalu turunkan opacity layer kira-kira 30 - 70%.

Mudah Membuat Bayangan Foto

Save hasilnya jika sudah selesai, dan ini adalah cara paling mudah untuk membuat bayangan / shadow natural pada foto.

Untuk membuat refleksi realistic caranya juga sangat mudah. Siapkan foto seperti cara pertama, namun kali ini tanpa memakai background. Lalu buat salinan objek utamanya dengan "Marquee Tool" lalu "Copy" dan "Paste" sehingga membuat layer baru.

Cara Mudah Membuat Refleksi Foto

Seperti cara pertama hapus semua bagian foto yang tidak terpakai lalu rubah posisi foto terbalik (berlawan dengan foto pertama (background). Caranya klik "layer" - "Rotate Layer 180" - "Flip layer Horizontal".

Cara Membuat Refleksi Foto

Gunakan "Move Tool" untuk mensejajarkan gambar. Lalu terapkan masking untuk menggabungkan foto dengan background. Caranya klik "Add Layer Mask" - , gunakan "Gradient Tool" - tarik gradient arah vertikal (atas kebawah). gunakan "brush tool" untuk merapihkan gambar.

Mudah Membuat  Refleksi Foto


Jika gambar sudah terlihat rapih, terapkan layer mask, buat salinan layer "duplicate layer" lalu beri filter blur "gaussian blur" 100 dan turunkan opacity layer 50%.

Membuat Refleksi Foto

Terakhir satukan seluru layer, klik layer - "platten image" dan save hasilnya.

Cara Mudah Membuat Refleksi Pada Foto