Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Edit Foto Cepat Dengan Editor Pixlr Express

Cara Edit Foto Cepat Dengan Editor Pixlr Express
tips pixlr express

Foto-foto hasil jepretan yang digunakan untuk koleksi pribadi atau keperluan promosi kadang terlihat kurang baik, meskipun tidak terlau banyak memerlukan editan, namun tetap perlu koreksi lagi terutama jika foto akan digunakan untuk keperluan publik.

Bagi yang tidak mau ribet, pixlr express adalah solusi bagus untuk mengedit foto dengan cepat, praktis, sesuai keinginan sendiri. Meski tahapan editan pasti berbeda-beda pada setiap foto, namun pada dasarnya intinya sama menjadikan foto terlihat lebih bagus.  Berikut ini cara edit foto menggunakan Pixlr express:

Gunakan Resize/Crop

Buka halaman pixlr express - upload foto "browse" langsung dari komputer/laptop

Edit Foto Dengan Editor Pixlr Express

Langkah pertama adalah menentukan ukuran dan objek dalam foto. Untuk ukuran gunakan tool "Adjustment" - pilih "Resize", lalu tentukan berapa ukuran foto yang akan dibuat. Sedangkan untuk fokus objek gunakan "Crop" lalu ambil objek utama dalam foto.

Atur Brightness/ Contrast

Edit Foto Dengan Pixlr Express

Setelah foto disesuaikan dengan ukuran/letak objek, lanjutkan dengan mengatur pencahayaan foto, ini adalah bagian penting untuk mengatur visual foto, masih dari menu "Adjustment" klik "Contrast" silahkan sesuaikan pencahayaannya. (Untuk foto buram gunakan "Auto fix")

Warna/Color Foto


Cara Edit Foto Editor Pixlr Express

Untuk mengatur warna pada foto gunakan tool "Color", silahkan sesuaikan warna foto dengan mengatur Hue, Saturation atau Lightness. "Hue" berarti kombinasi dari warna-warna dasar pada foto seperti, merah, hijau, biru atau kuning (RGB).

"Saturation" adalah intensitas dari hue. Warna-warna dasar yang terang adalah warna dengan saturation tinggi, sementara warna-warna pastel saturation-nya rendah. Ketajaman warna foto bisa diatur dengan Lightness. Silahkan atur sesuai foto yang sedang di edit karena ini mengandalkan intuisi kita sendiri.

Fokuskan Objek Foto

Cara Edit Foto Cepat Dengan Pixlr Express

Tahap akhir, untuk membuat foto lebih sempurna gunakan fokus pada objek atau bagian utama pada foto. klik tool "Focal" lalu beri sedikit blur dibagian yang tidak terlalu penting. Atau jika foto tampak sedikit kasar (terlalu tajam/sharp) gunakan tool "Smooth" supaya terlihat lebih halus.

Ini adalah cara paling mudah dan cepat untuk memperbaiki foto dengan menggunakan tool online, tidak membutuhkan waktu lama dan hasilnya cukup baik. Selamat mencoba!