Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Cinematic / Film Pada Foto

Cinematic Photography merupakan salah satu style atau gaya fotografi yang menarik dilihat dan sangat kental dengan isi cerita dalam foto tersebut. Meski belum masuk genre dalam dunia fotografi namun gaya cinema ini cukup banyak diminati. Pembuatan langsung (kamera) juga tidak mudah memerlukan beberapa tehnik tersendiri seperti pengaturan tone color, cahaya, aspek ratio, black bar dan tentu saja objek foto yang tidak dibuat-buat.

Berikut ini adalah cara paling mudah untuk membuat efek cinematic atau film dengan menggunakan tool online. Seperti biasa siapkan foto yang akan dijadikan bentuk cinematic, lalu upload ke foto editor online.

Membuat Efek Cinematic / Film Pada Foto

Buat duplicate layer - klik "adjustment" - "Hue/Saturation" turunkan saturation 50 - 80%, jika foto terlalu gelap tambahkan ketajaman warna nya, klik "Brightness & Contras" - tambah kontras warna +15%.

membuat efek cinema online

Salin kembali layer kedua (duplicate layer) - lalu beri efek halus pada foto, klik "Filter" - pilih "Glamour glow" lalu turunkan Opacity layer - 50%.

membuat efek cinema pada foto

Satukan salinan layer pertama dan kedua, caranya klik "layer" - pilih "Merge down". Setelah itu buat kembali duplicate layer, lalu masking "add layer mask" dan berikan efek blur "Filter" - "gaussian blur" pada layer ke tiga.

membuat efek cinema menggunakan pixlr

Gunakan "gradient tool" untuk memilih bagian mana yang akan diberi efek blur, caranya klik tombol gradient - pilih color warna putih - set type gradient Radial. (untuk menggunakannya seret krusor sesuai bagian foto yang akan diberi efek blur.

cara membuat efek cinematic

Jika sudah selesai terapkan layer mask, klik "layer" - "Apply layer mask", lalu gabungkan kembali layer 3 dengan layer sebelumnya seperti cara pertama tadi "merge down". Lanjutkan dengan final touch atau olahan terakhir dengan memberi tone warna. Klik "Adjusment" - pilih "Curves" - pada dialog histogram atur warna foto dengan chanel "Red, Green dan Blue" sesuaikan sampai menemukan warna soft hitam.

cara membuat efek cinema foto

Tahap akhir. Satukan seluruh layer "platten image" lalu save hasilnya. Jika ingin diberi bingkai film. Buka pixlr express - pilih "borders" - "defaullt" - "film". Selesai. Cara mudah membuat efek cinematic pada foto.

cara membuat efek cinematic dengan pixlr editor online