Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menambahkan Efek Vignette Pada Foto

Pada foto yang dihasilkan kamera digital, sering terlihat hasil jepretan yang terdapat vignette atau light fall off, berupa cahaya gelap disudut atau sisi bagian foto yang bentuknya bisa bulat, lonjong atau tidak beraturan. Sebenarnya dalam dunia fotografi ini adalah kesalahan optik kamera/sensor gambar sama halnya dengan light leaks, namun pada perkembangannya vignette sering dijadikan pemanis foto atau bingkai natural pada foto.

Vignette buatan lebih disukai karena kita bisa membuat tampilan foto lebih unik dan menarik, selain itu kita bisa mengatur bentuk dan proporsinya sendiri sesuai yang diinginkan. Membuat vignette pada foto editor seperti photoshop atau lightroom tentu memerlukan beberapa teknik manipulasi gambar, namun dengan tool online ini kita bisa membuatnya dengan sekali klik saja.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Memberi Light Leaks Efek Foto

Cara Mudah Menambahkan Efek Vignette Pada Foto

Menambah efek Vignette pada Pixlr editor

Untuk membuat efek vignette pada foto editor online pixlr cukup mudah, langkahnya sederhana - upload gambar ke foto editor - buat salinan gambar.

Cara Membuat Efek Vignette Pada Foto

Pada bagian bar editor klik "Filter" - pilih "Vignette" atur size nya untuk menerapkan efek vignette pada foto.

Membuat Efek Vignette

Menambah efek Vignette pada Pixlr express

Cara mudah membuat efek vignette yang kedua adalah melalui, pixlr express. Menu efek vignette pada editor ini cukup bervariasi, kita hanya tinggal memilih jenis vignette lalu terapkan pada foto.

Buka foto di Pixlr express - klik bagian Overlay - pilih Vignette.

Efek Vignette Online

Pilih bentuk vignette yang akan diterapkan pada foto. Sesuaikan amount atau size (ketebalan) efek yang diterapkan pada foto.

Menambahkan Efek Vignette Foto

*Tips: Untuk menghasilkan photo art dengan karakter unik, bisa ditambahkan efek lain pada foto sebelum dibingkai dengan efek vignette.

Itulah cara mudah menambahkan efek vignette pada foto. Dalam fotografi lanskap, efek ini tidak diharapkan alias harus dibenahi namun, pada berbeda jika untuk keperluan seni serta tipe kamera digital contohnya Lomo, efek Vignette inilah yang ditonjolkan, dan untuk menambahkan vignette buatan dengan bantuan foto editor online bisa menjadi sangat mudah. Selamat mencoba!