Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah dan Cepat Memberi Light Leaks Efek Foto

Dalam fotografi dikenal namanya Light Leak atau kebocoran cahaya. Sebenarnya light leak ini bukanlah genre ataupun tehnik fotografi melainkan sebuah kesalahan umum pada kamera terutama kamera lama yang memiliki format film kecil 35mm sehingga sensor film kurang mampu menangkap penyebaran cahaya dengan baik.

Namun seiring dengan perkembangan dunia fotografi, light leaks jadi gaya tersendiri dan justru dianggap efek positif terutama untuk lomografi karena akan menambah karakter unik dari sebuah foto yang dihasilkan.

Ada banyak sekali tutorial membuat efek light leak yang sudah dishare oleh para master Photoshop, tentu dengan tingkat kesulitan yang beragam tergantung si pembuat efek. Tapi dengan adanya foto editor online, kita bisa dengan mudah membuat efek ini tanpa harus memakan waktu banyak.

Cara Mudah dan Cepat Memberi Light Leaks Efek Foto

Berikut ini tips cepat memberi light leaks foto dengan mudah menggunakan editor online: Pertama upload foto ke express editor - lalu perbaiki dulu foto dengan tool "Adjustment" - "AutoFix" untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus.

Cara membuat Light Leaks Efek Foto

Untuk memberi kesan retro pada foto terapkan sedikit efek vintage, silahkan pilih pada bagian tool effect, turunkan opacity 50% supaya tidak terlalu memudarkan warna.

Memberi Light Leaks Efek Foto

Selanjutnya, memberi efek light leaks, ada beberapa efek light leak yang bisa langsung diterapkan pada foto, terdapat pada tool "Overlay" - Default, Leaking HD dan Leak. Pilih efek sesuai dengan karakter foto. Perhatikan sumber cahaya pada foto, jika cahaya datang dari arah samping atau atas maka pilih juga leak yang searah untuk menghasilkan efek yang bagus pada foto.

Light Leaks Efek Foto

Jika sudah mendapatkan efek yang cocok, Apply dan save hasilnya. Dengan menggunakan foto editor online, kita bisa membuat beragam efek light leaks yang mudah dan cepat tanpa harus mengatur curves, warna dan sebagainya. Selamat mencoba!

Cara Light Leaks Efek Foto