Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Software Gratis Untuk Membuat Foto HDR

Software Gratis Untuk Membuat Foto HDR

Foto HDR atau High Dynamic Range memang sangat menarik untuk dilihat. Secara singkat High Dynamic Range adalah salah satu teknik foto editing yang digunakan  untuk mengatasi kelemahan image sensor sebuah kamera untuk menangkap dynamic range yang besar antara wilayah yang terang dan gelap dalam suatu objek foto.

Mata manusia hanya mampu melihat objek terang yang teriluminasi dengan rasio 1: 1.000, sedangkan sebuah kamera mampu menangkap dynamic range atau Rentang dinamis sekitar 1: 1.024, hal ini tentu lebih memungkinkan sebuah kamera mengolah visual dengan pencahayaan yang sangat tinggi dan tujuan utama membuat foto HDR tersebut adalah untuk mendapatkan pencahayaan yang seimbang dari objek foto yang dihasilkan.

BACA JUGA: Membuat Foto Jenis HDR (High Dynamic Range)

Untuk membantu membuat foto HDR, berikut ini adalah beberapa software gratis yang bisa dipakai untuk mengolah foto HDR:

Luminance HDR. Ini merupakan software HDR yang banyak dipakai, diberikan gratis oleh Source Forge. Luminance mampu menciptakan foto HDR yang baik dengan pengaturan standar serta pilihan toning foto yang cocok untuk fotografer amatir atau pemula.

luminance HDR

Picturenaut.  Picturenaut 3 juga merupakan software gratis yang mudah untuk digunakan. Antarmuka dengan pengaturan default sudah cukup untuk membuat gambar HDR. Mendukung format file populer termasuk RAW, tersedia versi 64 bit dan bekerja baik di segala versi Windows.

Picturenaunt HDR

EasyHDR 2 Basic. Ini merupakan versi gratis dari Easy HDR. Sesuai namanya Easy (mudah), software ini memberikan kemudahan untuk membuat foto HDR. Meski ada beberapa tool yang dikurangi dari versi berbayar (EasyHDR 3), namun cukup membantu membuat foto HDR.

EasyHDR 2 Basic

Fusion. Fusion F.2 merupakan software gratis HDR yang bisa dicoba. Versi gratis ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya Fusion 2.7.9, meski hanya bekerja di 32 bit namun software ini cukup bagus untuk menghasilkan foto HDR.

Fusion HDR

FDRTools Basic. Ini adalah versi dari FDRTools yaitu software untuk mengolah foto terutama untuk mengedit exposure atau pencahayaan foto. Software gratis ini berguna untuk membuat foto HDR yang simple namun tetap menghasilkan visual yang bagus.

FDRTool Basic

HDRtist. Ini adalah software khusus untuk pengguna Apple Macs, software ini layak dicoba. HRDtist dilengkapi dengan berbagai tool untuk membuat foto HDR dengan mudah, termasuk guide atau panduan pembuat foto HDR yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis. 

HDRtist

Untuk pengguna Android juga bisa membuat foto HDR dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi foto HDR android, diantaranya bisa mencoba beberapa aplikasi seperti HDR Camera dan Pro HDR Camera. Selamat mencoba!