Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Tool (Alat) Foto Editor Facebook

Edit foto langsung melalui akun facebook kini semakin mudah, meski masih terus dalam tahap pengembangan dan perbaikan untuk fitur photo editornya, namun untuk sekedar tool dasar mengedit foto sudah bisa dipakai tanpa bug lagi atau error.

Biasanya jika ingin mengedit foto melalui facebook, pengguna atau user sebagian besar menggunakan aplikasi pihak ketiga dari foto editor online seperti aviary, fotor, pizap dan sejenisnya, namun dengan adanya fitur baru ini cukup membantu mengedit foto langsung tanpa aplikasi dari pihak ketiga.

Cara menggunakan foto editor facebook ini sangat mudah, cukup klik bagian menu editor ketika menggunggah atau upload foto atau mengambil langsung dari album foto yang sudah dibuat. Klik pada thumbnail foto - Sunting Foto.

Menggunakan Tool (Alat) Foto Editor Facebook

Pada panel editor foto facebook terdapat beberapa tool atau alat untuk mengedit foto langsung, diantaranya Filter, Tag, Crop, Text dan Sticker. Untuk memotong foto cukup gunakan tombol "Crop" dan atur size atau ukuran foto yang dikehendaki. Namun harus memperhatikan size yang pas ketika memotong foto, misalnya untuk ukuran sampul standar yaitu 851 x 315 pixels dan minimal size 399 x 150 pixels.

Pada editor facebook tidak ada menu size yang ditampilkan, agar lebih leluasa upload foto ukuran besar, standar ukurannya 1200 x 630 pixels, dan ketika ditampilkan di halaman beranda akan diresize menjadi 504 atau 407 px. Jadi ukuran foto dibawah 407 px kurang bagus untuk ditampilkan di facebook.

Alat Editor Foto Facebook

Selanjutnya jika ingin menambahkan efek atau merubah warna foto, gunakan tool "Filter". Tersedia 6 filter warna yang berbeda termasuk filter vintage.

filter efek foto di facebook

Alat lainnya adalah Text dan Sticker yang bisa ditambahkan ke dalam foto. Cukup arahkan mouse pada bagian alat tersebut dan tambahkan keterangan pada foto.

menambahkan tulisan di foto facebook

Jika sudah selesai diedit, tinggal simpan hasilnya atau bagikan langsung di beranda facebook.

Edit foto di facebook bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah terhubung dengan facebook, cukup tambahkan atau hubungkan aplikasi ke akun facebook supaya bisa digunakan untuk mengedit foto langsung dari album foto atau melalui tombol upload. Contohnya bisa dilihat di artikel ini: Cara Mudah Edit Foto Melalui Facebook