Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Alat Pengubah Warna Foto Editor Online

Mungkin kita ingin merubah warna pada objek foto dari merah menjadi kuning atau dengan warna lainnya sesuai keinginan kita. Dengan menggunakan salah satu tool atau alat editing pada foto editor online, kita bisa dengan mudah mengganti warna pada foto sesuai yang diinginkan.

Sederhananya, alat ini secara otomatis akan menggantikan warna asli dengan warna yang kita pilih pada panel editor. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup arahkan kursor pada bagian foto yang sudah diseleksi terlebih dahulu, dan warna sudah bisa kita rubah. Lapisan warna yang ditempelkan tidak akan merubah midtones, shadows, atau highlights pada foto, hanya saja memerlukan ketelitian untuk menghasilkan warna yang sempurna atau terlihat asli.

Baca juga: Tips Menggunakan Clone Stamp Tool Pada Foto Editor Online

Cara merubah atau mengganti warna pada foto secara online

Langsung saja buka foto editor online, lalu upload foto yang akan kita rubah warnanya. Buat terlebih dahulu salinan gambar (duplicate) layer agar jika terjadi kesalahan kita bisa dengan mudah mengembalikan editan atau menghapusnya dan ganti dengan layer baru.

Cara Menggunakan Alat Pengubah Warna Foto Editor Online

Langkah kedua, pilih atau seleksi bagian mana pada foto yang akan dirubah warnanya. Gunakan "Lasso tool (L)" dipanel editor kiri, kemudian pilih "Polygonal lasso tool" untuk memudahkan memilah bagian gambar.

Cara Mengubah Warna Foto Secara Online

Langkah ketiga, pilih warna yang akan diterapkan pada foto melalui "set main color" di panel editor kiri paling bawah. Piliha bagian Web atau IMG untuk memudahkan memilih warna.

Merubah warna foto

Langkah keempat, gunakan "color replace tool" untuk merubah bagian warna foto yang sudah diseleksi tadi. Atur brush dan tolerance nya (semakin tinggi tolerance lapisan warna akan semakin jelas begitupun sebaliknya)

edit warna foto online

Langkah kelima, arahkan kursor pada bagian foto yang sudah diseleksi dengan lasso tool tadi, klik kanan lalu tekan bagian kursor/mouse sampai warna berhasil dirubah semuanya.

mengganti warna foto

Terakhir. Gunakan erase tool atau alat hapus untuk merapihkan bagian sisi foto yang mungkin terkena lapisan warna. Jika sudah tampak rapih satukan gambar - klik layer - platten image dan save hasilnya.

Langkah di atas adalah cara mudah untuk merubah atau mengganti warna pada foto. Dengan menggunakan "Color replace tool" ini kita bisa dengan mudah mengganti warna pada objek foto sesuai yang diinginkan. Selamat mencoba!