Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Efek Salju Pada Foto Dengan Tool Online

Cara Membuat Efek Salju Foto Online

Punya foto musim dingin tentu akan lebih bagus kalau diberi sedikit efek salju. Membuat efek salju ini sebenarnya sama dengan membuat efek hujan pada foto, cukup dengan memberikan sedikit lapisan noise pada foto kemudian diberikan efek blur hasilnya sudah terlihat lebih realistis.

Beberapa penyedia layanan foto editor online ada yang sudah menyediakan efek salju atau hujan hanya sekali klik saja, namun jika ingin mencoba membuatnya sendri, langsung saja ikuti beberapa langkah mudah berikut ini untuk membuat efek salju dengan menggunakan foto editor online. Cara ini tidak perlu waktu lama dan sangat mudah dilakukan.

Baca juga: Memberi Efek Selektif Warna Pada Foto (Fairytale Effect)

Langkah pertama siapkan foto yang akan diedit (diberi efek salju). Agar foto dan efek terlihat lebih menyatu, usahakan siapkan foto musim dingin.

Cara Mudah Membuat Efek Salju Pada Foto Dengan Tool Online

Langkah kedua, upload atau buka foto ke foto editor online - buat salinan gambarnya terlebih dahulu (duplicate layer)

Cara Membuat Efek Salju Pada Foto

Langkah kedua buat layer baru "layer - new layer, lalu berikan warna hitam mengunakan "Paint Bucket tool"

Membuat Efek Salju Pada Foto

Langkah ketiga, terapkan efek noise pada layer warna hitam yang sudah dibuat. klik "filter" - "noise" centang bagian "monochromatic" dengan ukuran noise full.

Cara Membuat Efek Salju

Langkah keempat, rubah mode layer yang sudah diberi efek noise tadi, pada bagian layer klik mode pilih "screen" maka tampilan background akan terbuka dengan lapisan efek noise.

edit foto Efek Salju

Langkah kelima, kecilkan bintik atau lapisan noise pada foto. Klik "Filter" - pilih "Pastels" , pada dialog box centang bagian inverse.

Efek Salju Pada Foto Online

Langkah keenam, untuk menyatukan efek dengan background berikan satu kali efek blur lalu perjelas butiran noise dengan tool unsharp mask.

Efek Salju  Foto

Langkah ketujuh, satukan layer efek dengan layer gambar. klik "layer" - "merge down". Lalu beri sedikit sentuhan warna dngin pada foto dengan tool curves. Klik "Adjustment" - "Curves" pada dialog box pilih preset "colder"

Cara Mudah Membuat Efek Salju

Langkah terakhir. Satukan seluruh gambar Klik layer - platten image dan Save hasilnya. Dengan cara ini kita bisa membuat efek salju dengan mudah dan cepat.