Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Hujan Dengan Menggabungkan 2 Gambar

Pada tutorial mudah sebelumnya sudah dibahas tentang cara membuat efek salju, kali ini akan mencoba cara mudah dan cepat membuat efek hujan pada foto dengan tehnik sederhana saja yaitu menggabungkan atau menerapkan lapisan layer foto background.

Caranya sangat mudah hampir sama dengan cara menambahkan tekstur pada foto, dan dengan cara ini tidak perlu susah payah menerapkan efek pada foto, cukup gabungkan saja tekstur yang sudah jadi kedalam foto. Silahkan download contoh tekstur foto hujan terlebih dahulu disini.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Efek Salju Pada Foto Dengan Tool Online

Langkah pertama upload gambar utama ke foto editor sebagai backgroud, lalu upload foto tekstur sebagai layer. Klik pada menu "layer" - "open image as layer" lalu sesuaikan ukuran nya dengan background. Klik edit - "free transform"

Membuat Efek Hujan Dengan Menggabungkan 2 Gambar

Langkah kedua, rubah mode layer menjadi "screen" agar tampilan backround menyatu dengan layer tekstur.

Membuat Efek Hujan

Langkah ketiga berikan sedikit efek blur pada foto, klik "filter" - "blur" lalu satukan gambar dengan background . "Layer" - "Platten image"

Cara Membuat Efek Hujan

Langkah terakhir, berikan sentuhan efek dingin pada foto. Klik "adjusmnet" -"Curves" pilih efek "Colder" dan save hasilnya.

Membuat Efek Hujan pada foto

Merubah tampilan warna pada background foto bisa disesuaikan melalui curves editor, klik pada bagian "adjustment" - pilih "Curves" sesuaikan atau atur warna pada bagian histogram curves. Tarik warna hitam, biru, merah atau hijau jika sekiranya foto perlu penyesuaian warna agar lebih pas.

Efek hujan

Langkah di atas adalah cara mudah edit foto menambahkan atau membuat efek hujan pada foto. Tidak perlu susah membuat tekstur hujan, tinggal disesuaikan saja dengan karakter foto yang akan diedit. Selamat Mencoba!