Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Foto Vintage Dengan Online Editor

Foto jenis vintage memang terkesan unik, karena "Vintage" sendiri merupakan istilah yang mengacu kepada hal-hal yang lama, kuno atau jadul. Dalam dunia fotografi foto vintage ini dihasilkan oleh kamera lama yang masih minim sekali akan teknologi modern, foto yang dihasilkan cenderung rentan terhadap kebocoran cahaya, debu, kurang warna, eksposur dan sebagainya sehingga jika dibandingkan dengan kamera digital modern hasilnya terlihat unik alias "vintage".

Untuk membuat foto vintage caranya tidak terlalu sulit, banyak situs edit foto online yang menyediakan efek vintage menarik yang bisa dicoba, namun jika ingin membuatnya sendiri caranya cukup mudah.

Membuat Efek Foto Vintage Dengan Online Editor

Siapkan foto + background - buka photo editor onliine - upload keduanya (jadikan background sebagai layer) klik "layer" - "Open image as layer". (Catatan: Pemberian background supaya ada tekstur dalam foto, jika tidak mau memakai background, bisa diberikan efek "noise" pada foto dengan opacity 50%)

Cara Membuat Efek Foto Vintage

Lanjutkan dengan menyamakan ukuran foto dengan background, klik "edit" - "Free Transform" , jika sudah, ubah mode layer foto background jadi "Multiply" turunkan opacity 30 - 50% sampai foto utama terlihat jelas.

Membuat Efek Foto Vintage Online

Satukan foto dengan background, klik "layer" - "merge down", setelah itu buat kembali salinan layer "duplicate layer". Jika sudah, berikan efek vintage pada foto, klik "Adjustment" - "Curve" - "Presets" - "Vintage".

Cara Membuat Vintage Dengan Online Editor

Pada efek pertama, foto sudah berubah warna jadi bentuk vintage, untuk memberi tone warna lebih jadul buat lagi salinan layer, lalu berikan efek "Vintage The 60's" dengan mode layer "Lighten" opacity 50 - 70%.

Efek Foto Vintage Online

Satukan seluruh layer "platten image" - klik "auto level" untuk tone warna akhir lalu save hasilnya. Untuk memperdalam kesan vintage, bisa diberi efek "leaks" dan border di pixlr express.

cara buat efek foto vintage dengan tool online

Cara diatas adalah pembuatan efek vintage manual dengan menggunakan pixlr editor, jika ingin mencoba alernatif lain untuk membuat foto vintage dengan mudah dan cepat bisa dikunjungi situs vintagejs atau di makeretro.com. Selamat mencoba!