Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Edit Foto Secara Online

Bagi anda yang ingin mencoba edit foto sendiri, tapi tidak mengetahui cara atau teknik editing foto seperti pada photoshop, itu gampang saja. Edit foto online adalah alternatif terbaik buat yang ingin cepat mengedit foto tanpa harus susah-sudah belajar dulu dan yang paling penting adalah gratis!

Dengan berbagi kebutuhan visualisasi yang semakin banyak, entah itu untuk keperluan bisnis, pribadi, jejaring sosial ataupun yang lainnya, membuat dan mengedit sebuah foto kadang-kadang sangat diperlukan. Ada banyak situs layanan penyedia edit foto online secara gratis, seperti yang sudah dibahas sebelumnya disini: 
Sebelum menggunakan fitur layanan edit foto online, khususnya untuk keperluan online seperti facebook, twitter, blog, atau website sebaiknya foto disimpan/dicopy terlebih dahulu supaya jika gagal atau hasil editan kurang memuaskan foto asli masih bisa di edit kembali. Ada puluhan situs tempat edit foto online gratis, seperti yang paling sering digunakan yaitu FlauntR, Picmonkey, Fotoflexer, Splashup dan lainnya.

Photoshop sendiri menyediakan online editor yaitu Photoshop Online yang sedang dalam tahap uji coba atau beta di negara-negara yang akses internetnya kencang. Selain itu mereka juga menyediakan express editor untuk alternatif pilihan edit foto secara online yang simple dan cepat. Adobe Express Editor merupakan aplikasi grafis editi foto online yang langsung bisa di akses melalui browser. Versi software nya cukup mahal dan memakan memory yang besar, tapi dengan adanya fitur Express Editor, edit foto online jadi semakin mudah sekalpun untuk pemula. 

Dan berikut adalah tahapan sederhana bagaimana cara edit foto secara online langsung tanpa ribet menggunakan aplikasi editor Pixlr.

1. Buka browser dan buka laman Pixlr Editor

cara edit foto online

2. Kamu bisa langsung mendaftar atau langsung login dengan email, akun google atau media sosial untuk login atau jika tidak mau membuat akun bisa langsung memilih foto editor yang akan digunakan. contohnya Pixlr X.

3. Selanjutnya buka foto/gambar yang akan diedit dari komputer/laptop. Klik pada bagian tombol "Open Image".

cara edit foto secara online

4. Akan muncul fitur alat editing foto di sebelah kiri, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Apakah foto mau dicrop, ditambah efek diperhalus, dibingkai dan sebagainya.

edit foto online

5. Jika foto sudah selesai di edit, klik tombol "Save" di pojok kanan bawah. Tinggal dipilih apakah foto akan disimpan secara langsung ke komputer atau ingin diupload ke picasa, plickr, photbucket atau bisa langsung dishare ke media sosial.