Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Efek Sunset atau Sunrise Dengan Pixlr Editor

Foto dengan matahari terbenam atau biasa disebut dengan Sunset memang terlihat estetik dan menarik. Aura ketenangan terlukiskan pada gambar dengan menampilkan sinar matahari terbenam atau bisa juga sebaliknya menampilkan matahari terbit (Sunrise).

Cara Membuat Efek Sunset atau Sunrise Dengan Pixlr

Mengambil foto sunset tentu saja memerlukan timing yang pas, memang sedikit sulit apalagi jika dalam keadaan udara mendung atau berawan. Alternatifnya adalah menggunakan foto editing seperti photoshop. Nah bagi kamu yang ingin membuat efek sunset namun tidak punya photoshop, langsung saja ikuti cara membuat efek sunset seperti berikut ini:

Langkah pertama; Buka halaman pixlr editor online di alamat https://pixlr.com/e/ - setelah itu unggah atau buka (open image) foto yang akan diberi efek sunset.  

Langkah kedua; Buat salinan gambarnya terlebih dahulu. Klik "Layer - Duplicate layer". Lalu koreksi pencahayaannya dengan "Auto Adjust"

Membuat Efek Sunset Dengan Pixlr

Langkah ketiga; Lanjutkan dengan membuat bulatan matahari menggunakan "drawing tools" Klik draw lalu pilih brush yang sesuai. 

Cara Membuat Efek Sunset Dengan Pixlr Editor

Langkah keempat; Setelah membuat gambar matahari, lanjutkan dengan membuat efek sebaran cahayanya. Untuk membuatnya pertama buat kembali salinan gambar (duplicate layer) lalu gunakan "gradient tool" dengan setingan : "radial" , warna "emas #FFB311" dan blend mode "overlay". Setelah itu tarik ujung gradient dari ujung gambar.

Efek Sunset atau Sunrise Dengan Pixlr Editor

Langkah akhir: Setelah efek sinar matahari dibuat, langkah terakhir adalah menerapkan efek warm atau hangat pada gambar tool "temperature & Tint" juga mengatur pencahayaannya dengan tool "highlights and shadows" lalu save hasilnya.

Cara Membuat Efek Sunset Dengan Pixlr Editor

Demikian cara mudah membuat efek sunset atau sunrise dengan Pixlr editor. 
Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tutorialnya berikut ini: