Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Trik Memotret Dengan Kamera HP Agar Menghasilkan Foto Bagus

Bisa mengabadikan gambar atau foto dari setiap momen hanya melalui smartphone kesayangan memang selalu menyenangkan. Tapi bagaimana supaya bisa menghasilkan foto yang memiliki tampilan bagus atau bahkan bisa menyampaikan ekpresi bagi yang melihatnya? Ada beberapa trik mudah yang bisa dicoba untuk menghasilkan foto tersebut, diantaranya seperti yang akan diulas pada artikel berikut ini.

1. Bersihkan Kamera Ponsel


5 Trik Memotret Dengan Kamera HP Agar Menghasilkan Foto Bagus

Layar pada lensa kamera hp sangat rentan terkenan kotoran atau debu, jadi langkah awal, hal yang harus diperhatikan adalah membersihkan lensa pada kamera. Alat pembersih kamera ponsel tidak sulit bisa dengan odol atau pasta gigi, kayu putih lalu usap dengan kain halus, cooton bud atau jika punya, pakai kain khusus microfiber.

2. Dapatkan Pencahayaan


cara pencahayaan kamera hp

Pencahayaan yang diperoleh dari cahaya alami atau cahaya dari matahari dapat menghasilkan foto yang ajaib. Ini merupakan dasar fotografi yang harus diketahui, akan sangat berbeda cahaya natural dengan cahaya buatan dari LED flashlight kamera hp. Arah datangnya cahaya dapat menentukan karakter objek foto yang akan diambil. Mengambil datangnya arah cahaya dari belakang bagus untuk menghasilkan foto siluet, sedangkan cahaya depan untuk membuat detail objek menjadi makin jelas dan cahaya samping untuk menguatkan tekstur objek, atau cahaya atas-bawah untuk menguatkan karakter objek vertikal.

3. Ambil Foto Dengan Fokus dan Stabil


fokus dan stabil untuk kamera hp

Untuk menghasilkan gambar yang tajam, perlu memperhatikan bahwa objek foto berada dalam keadaan fokus. Hal ini harus dilakukan agar objek tidak menjadi blur. Kamera yang stabil juga akan menentukan hasil foto. Untuk mengatasi agar kamera handphone kamu tidak bergerak, bisa memegang kamera dengan kedua tangan atau bisa juga menggunakan tripod khusus untuk handphone.

4. Atur Komposisi Gambar


trik memoto dengan kamera smartphone

Pada teknik fotografi, ada sebuah rule of third, yaitu garis bantu yang membagi foto ke dalam sembilan bidang sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga kita memiliki 9 area yang sama besar. Dengan demikian, kita sekarang memiliki pertemuan empat titik. Untuk memperoleh foto yang bagus, hanya perlu meletakkan objek pada salah 4 titik yang dihasilkan tersebut atau pada satu garis imajiner, bisa sebelah kiri atau kanan.

5. Edit Hasil Foto Secara Minimalis


5 Trik Memotret Dengan Kamera HP

Mengambil foto dengan kamera Smartphone sangat mudah, namun jika masih perlu untuk di edit atau diperbaiki kekurangannya, edit secara minimalist atau tidak berlebihan. Misalnya jika ingin menghasilkan warna foto lebih dramatis atau emosional, bisa sedikit mengedit foto dengan beberapa filter photo editor. Kamu bisa menggunakan aplikasi foto editor yang bisa diperoleh gratis contohnya seperti VSCO Cam, Snapseed, atau Adobe Photoshop Lightroom.