Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah Warna Foto Lebih Dramatis Dengan Color Grading

Merubah tampilan warna foto atau lebih sering dikenal color grading/grade sangat mudah dilakukan. karena saat ini ada banyak sekali foto editor baik online/offline maupun berupa aplikasi smartphone yang mampu melakukan perubahan warna foto sesuai yang kita inginkan.

Merubah Warna Foto Lebih Dramatis Dengan Curves Editor

Pada dasarnya proses color grading ini hanya melakukan perubahan yang umumnya dibagi dalam 2 area utama yaitu perubahan tone dan perubahan warna pada tampilan foto. Dengan melakukan perubahan pada 2 area ini maka kita dapat melakukan proses color grading untuk membuat mood atau tampilan warna foto sesuai yang diinginkan.

Perubahan Warna - Perubahan warna dapat kita lakukan dengan melakukan perubahan pada salah satu atau gabungan dari Image Adjustments: Vibrance, Hue/Saturation, Color Balance, Black & White, Photo Filters, Channel Mixers dan Color Lookup.

Perubahan Tone - Tone disini yang dimaksud adalah perubahan gelap terang pada tampilan foto. Melalui foto editor online kita dapat melakukan perubahan tone dengan menggunakan salah satu atau gabungan dari Image Adjustment: Brightness/Contrast, Levels, Curves atau Exposures.

Berikut ini adalah contoh mudah merubah tampilan warna foto menjadi lebih terlihat dramatis atau dengan tone warna yang berbeda.

Pertama siapkan foto yang akan di edit, unggah ke foto editor - buat salinan gambar - lalu pilih "Adjustment" - Hue/Saturation - turunkan sedikit bagian saturasi warna

color grading online

Langkah kedua merubah tampilan tone warna dengan curves editor. pada contoh ini akan dirubah sedikit lebih warm Klik bagian Adjustment - curves - warmer - sesuaikan tone warna chanel hijau biru dan merah seperti contoh berikut:

cara color grade online

Terakhir adalah menyesuaikan pencahayaan bagian warna foto dengan tool "levels"

color grading dengan cara online

Jika sudah selesai klik save. Maka perubahan warna foto sudah bisa dilihat hasilnya.

efek foto color grade