Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengambil Foto Terbaik Dengan Kamera Smartphone

Perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadi sangat membantu dalam dunia fotografi, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak melulu harus menggunakan kamera profesional atau DSLR. Semua orang bisa menciptakan foto luar biasa dengan hanya menggunakan kamera smartphone.

Namun, hasil foto yang bagus tidak bisa didapat sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui agar foto hasil tangkapan kamera semakin maksimal. Beberapa pakar fotografi sudah banyak memberikan tips yang bagus untuk fotografi smartphone, diantaranya:

Ambil Foto Berkali-kali

Pertama, jika ingin menggunakan Smartphone sebagai alat untuk fotografi, harus sering membawa dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya dengan Smartphone lalu memilah foto mana yang paling bagus dan terbaik.

Tips Mengambil Foto Terbaik Dengan Kamera Smartphone

Kenali perangkat Smartphone

Kedua, kenali kemampuan Smartphone. Tidak semua kamera Smartphone dibekali spesifikasi yang cocok untuk digunakan di semua keadaan. Berkaitan dengan yang pertama, Kita akan tahu kekurangan dan kelebihan kamera handphone jika sering dipakai. Paling tidak, dari segi kamera harus memiliki resolusi yang tinggi. Sehingga dalam mengambil gambar tidak pecah.

Mengambil Foto Dengan Kamera Smartphone

Perhatikan Pencahayaan

Beberapa kamera smartphone sudah dilengkapi dengan slider pengatur pencahayaan, meski bentuknya berbeda. Saat cahaya kurang gelap, tombol slider pengatur cahaya tersebut dapat digeser agar cahaya menjadi lebih gelap, begitu juga sebaliknya. Slider pengatur pencahayaan ini akan membuat hasil fotomu jauh lebih baik dibanding biasanya. Dan slider ini yang akan membuat hasil foto seperti memakai kamera profesional.

Poin ini yang menjadi penting saat teknik pengambilan gambar. Kita harus lihai dalam memilih waktu yang tepat. Siang hari, menjadi waktu paling baik, karena akan dapat pencahayaan yang maksimal.

Fokus Pada Objek Foto

Setelah mengatur pencahayaan, yang diatur kemudian adalah fokus. Pilihlah titik fokus sesuai kebutuhan. Kamera smartphone saat ini sudah bisa membuat foto menjadi bokeh, di mana fokus pada satu objek dan objek di belakang menjadi blur. Aturan pencahayaan dan fokus yang benar bisa membuat foto dari smartphone seperti foto dari kamera pro.

Foto Terbaik Dengan Kamera Smartphone

Perhatikan Cara memotret

Memotret menggunakan samartphone tidak berbeda dengan memakai kamera profesional; fotografer dan tangannya tidak boleh goyang. Memencet shutter pada kamera smartphone pelan saja, jangan memencet terlalu keras, karena biasanya kamera akan goyang dan hasilnya blur.

Meski kamera smartphone saat ini sudah sangat canggih, namun yang harus diingat, kamera hanya alat, penangkap objek sesungguhnya adalah pengambil foto itu sendiri, misalnya jika ingin mengambil gambar dengan objek manusia atau hewan, maka harus lebih dekat, dalam artian berinteraksi terlebih dahulu dengan objek, sehingga feel-nya akan lebih terasa. Improvisasi dengan memilih angle yang tepat, sudut pengambilan gambar yang unik juga akan menghasilkan foto terbaik.