Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merubah Ukuran Pixels Foto Dengan Pixlr Editor

Ketika akan menggunakan foto di internet entah itu untuk keperluan media sosial, email, blog pribadi, forum dan lainnya kadang-kadang sering ditemui keadaan dimana ukuran foto yang akan dipakai tidak pas atau tidak sesuai standar. Alat pengubah ukuran gambar inilah yang sangat berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum membahas cara merubah ukuran foto, perlu diketahui bahwa sebuah foto terdiri dari 3 dimensi yaitu Pixels, Resolusi dan Intensitas. Semakin besar ukuran pixels sebuah foto maka akan semakin bagus resolusi gambar yang ditampilkan begitu juga intensitas (warna yang dimuat).  Ketiga dimensi inilah yang menentukan besar kecilnya ukuran atau size disk (dalam KB atau MB) pada foto tersebut.

Untuk merubah ukuran fisik foto (document size) tanpa merubah pixel dimensionnya bisa menggunakan tool online, silahkan dilihat pada artikel ini: Situs Untuk Memperkecil Ukuran Foto/Gambar Online

Secara umum ukuran standar foto bervariasi tergantung dari perangkat yang digunakan seperti computer screen, PDA dan Phone screen, Tablet Screen, dan aplikasi lainnya dengan ukuran standar terkecil 80w x 15h dan terbesar 1920 x 1200 px. Sementara ukuran standar foto untuk document size adalah:
  1. Document large : 1024 x 768 px 
  2. Document small: 800 x 600 px 
  3. Web large : 640 x 480 px 
  4. Web small: 448 x 336 px
  5. Email large : 314 x 235 px
  6. Email small : 160 x 160 px
Untuk merubah ukuran pixels foto secara online, caranya cukup mudah, siapkan foto yang akan diedit - buka foto editor - upload foto - pada bagian tab editor pilih "Image"- "Image Size"

Merubah Ukuran Pixels Foto Dengan Pixlr Editor

Pada dialog box yang muncul terdapat alat untuk merubah ukuran pixel foto, tinggal geser ke kanan untuk ukuran besar atau ke kiri untuk ukuran lebih kecil. Centang bagian "Constrain Proportions" jika ingin menyesuaikan proporsi atau ukuran lebar dan tinggi foto secara otomatis, atau uncheck bagian ini jika ingin menerapkan ukuran manual.

Merubah Ukuran Pixels Foto

Jika ukuran foto terlalu jauh atau tidak sesuai standar, bisa memotongnya terlebih dahulu dengan alat "Cropping" dan Klik "Ok" jika sudah menentukan ukuran foto dan save hasilnya. Supaya hasil editan foto tetap dalam resolusi bagus, ketika menyimpan geser full ke kanan bagian "Quality"

Ganti Ukuran Foto Secara Online

Selain itu  atau jika ingin merubahnya ke dalam jenis format gambar lain pilih pada bagian "Format". Itulah cara mudah merubah ukuran pixels foto melalui foto editor online, dengan alat ini sangat membantu menyesuaikan berbagai ukuran foto yang akan digunakan untuk keperluan online. Selamat Mencoba!