Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Tulisan Dengan Background Foto

Membuat tulisan dengan background sebuah foto atau patterned text dengan gambar caranya cukup mudah. Dalam tutorial sederhana ini, akan mencoba belajar bagaimana menempatkan sebuah foto atau gambar sebagai latar belakang tulisan. Caranya tidak sulit dengan menggunakan foto editor online.

Dengan cara ini kita bisa membuat berbagai macam tulisan dengan background foto sesuai keinginan sendiri, tidak terlalu sulit hanya dengan beberapa tahap editan melalui foto editor online.

Berikut contoh hasil tulisan dengan background foto:
Cara Mudah Membuat Tulisan Dengan Background Foto
Langkah pertama, buka foto editor online - lalu buat gambar baru (create new image) - sesuaikan dengan ukuran foto yang akan dijadikan background.

membuat text pattern

Langkah kedua, buat tulisan dengan menggunakan "Type Tool" atau T pada panel editor sebelah kiri. Silahkan sesuaikan jenis font yang disukai.

cara membuat pattern dengan gambar

Langkah ketiga, jika sudah membuat tulisan, untuk memperbesar dan menesuaikan dengan background foto klik kanan pada bagian layer tulisan - lalu pilih "Resterize layer"

patterned text editing

Langkah ke empat, perbesar tulisan menggunakan tool "edit - "free transform"  silahkan sesuaikan ukuran tulisan sesuai yang diinginkan. Dan jika sudah selesai satukan backround dan tulisannya, klik "layer - merge down"

edit foto text pattern

Langkah kelima, masukan foto yang akan dijadikan background tulisan, klik "layer" - "open image as layer" dan jika kurang pas, sesuaikan lagi ukurannya dengan tulisan melalui tool "edit - "free transform"

tulisan bergambar edit foto

Langkah keenam, untuk membuat foto menyatu dengan tulisan, pertama matikan / centang layer foto, lalu arahkan kursor ke layer tulisan (layer bawah) dan gunakan "Wand Tool" untuk memilah bagian tulisannya.

pattern text photo editing

Langkah ketujuh, centang kembali layer foto, lalu arahkan lagi kursor ke layer atas, maka pattern tulisan pada gambar sudah terbentuk. Gunakan "erase tool" untuk menghapus bagian-bagian diluar tulisan.

membuat patterned image

Langkah kedelapan, jika sudah selesai menghapus bagian foto diluar tulisan, hilangkan wand tool dengan klik "edit - deselect all". Beri sedikit efek pada "layer styles" gunakan sedikit efek bayangan untuk membuat tulisan lebih bervariasi.

Cara Membuat Tulisan Dengan Background Foto

Langkah terakhir, satukan seluruh gambar "layer" - "platten image" dan save hasilnya. Selamat mencoba!