Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Efek Gritty HDR Photo Dengan Pixlr Editor

Membuat Efek Gritty HDR Photo Dengan Pixlr Editor
Result

Jika kita ingin merubah portrait pribadi dengan tampilan berbeda, memberi efek Gritty HDR hasilnya akan terlihat lebih dramatis dan cukup bagus terutama untuk foto-foto yang sifatnya klasik. Karakter efek gritty sediri lebih kepada ketajaman seluruh bagian objek pada foto terutama pada contrast, sharpening, noise dan sedikit ketajaman pada warna. Melalui pixlr editor online, kita bisa membuat efek gritty ini dengan mudah. Caranya seperti berikut:

Langkah awal siapkan foto yang akan diberi efek, upload ke pixlr editor. Buat salinan foto "duplicate layer" 2 buah. Beri nama pada layer supaya memudahkan pemindahan layer, seperti berikut:

membuat efek dramatic gritty photo

Tahap kedua rubah layer pertama jadi hitam putih, klik "Adjustment" - "Desaturate" lalu rubah model layer jadi "Hardlight" dengan opacity 80%.

efek dramatic gritty photo


Tahap ketiga beri efek HDR pada layer ke 2, klik "Filter" - "Mimic HDR" lalu turunkan opacity nya 50% dan kurangi saturasi warna sehingga blending dengan layer pertama tadi.

membuat efek dramatic gritty HDR photo

Tahap akhir, satukan seluruh layer "platten image" dan save hasilnya. (untuk penurunan opacity dan saturasi warna tentu tidak mengacu pada cara di atas, silahkan sesuaikan dengan karakter foto anda sendiri)

dramatic gritty HDR photo

Efek HDR akan memberikan kontras warna yang tajam pada foto, selain dengan HDR gritty juga akan terlihat bagus jika diberikan sedikit efek noise.