Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Efek Foto Bergaya Lomografi

Lomografi merupakan satu tehnik fotografi yang banyak diminati bahkan sudah menjadi genre sendiri bagi para fotografer artistik atau biasa disebut lomografer (orang yang menyukai lomografi).

Menggunakan kamera LOMO (Leningradskoye Optiko Mechanichesckoye Obyedineni) yang pertama kali ditemukan sekitar tahun 80an oleh orang Rusia, tehnik lomografi banyak menghasilkan foto-foto yang unik dan menarik.

Cara Mudah Membuat Efek Foto Bergaya Lomografi

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, membuat efek lomo sangat mudah sekali, bisa menggunakan photoshop atau editor lainnya seperti dalam artikel ini akan menunjukan cara mudah membuat efek lomo dengan foto editor online. Hanya dalam beberapa langkah saja silahkan ikuti tahapannya seperti berikut:

Tahap pertama, siapkan foto yang akan dibuat - upload ke foto editor (Pixlr).Buat salinan foto "layer" - "duplicate layer"

cara membuat efek lomografi online

Membuat outline hitam pada foto, klik "filter" - "vignette" buat sebesar 50 - 65% (sesuaikan dengan ukuran foto)

membuat efek lomo

Turunkan opacity layer jadi 50% lalu satukan layer dengan backgorund "layer" - "merge down". (catatatan: untuk foto dengan resolusi besar akan lebih baik ditambahkan efek "noise" dengan opacity sama 50%)

cara mudah edit efek lomo

Buat kembali salinan foto "layer" - "duplicate layer", lalu beri efek pada foto, klik "adjustment" - "cross procces".

efek lomografi

Tone color. Lanjutkan dengan mengatur warna pada foto. karakteristik lomo adalah adanya kontas warna yang cukup tajam, atur warna dengan "adjustment" - "curves", pada bagian "Preset" pilih "warmer" dan di bagian RGB turunkan grafik chanel "blue", seperti pada contoh berikut:


Karakteristik lain dari foto-foto lomo adalah memudarnya (blur) pada bagian pinggir foto. Untuk memberi efek blur bisa langsung dengan "blur tool" atau "CRT + R". atau untuk hasil maksimal blur dengan menggunaan layer mask.

membuat efek lomografi dengan pixlr

Tahap akhir, satukan layer "platten image" - "save". Jika pencahayaan atau ketajaman foto kurang jelas bisa di atur kembali di "adjustment" - "Brightness & Contrast" atau "Hue & Saturation.