Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edit Foto Menghaluskan Wajah dengan Mudah dan Cepat

Punya foto wajah dengan tampilan kusam, kering, keriput atau jerawatan dan ingin di edit sendiri supaya visualnya lebih bagus caranya bisa dengan menggunakan tool online dengan mudah dan cepat.

Ada banyak sekali situs edit foto online yang sudah menyediakan tool Retouch foto dengan gampang dan hasilnya cukup bagus buat kita yang sama sekali tidak memiliki keahlian untuk mengedit foto.

Dan berikut ini contoh mudah mengedit tampilan wajah pada foto yang terlihat kurang bagus menjadi lebih halus, mulus dan tampak nyata seperti foto aslinya.

Edit Foto Menghaluskan Wajah dengan Mudah dan Cepat

1. Siapkan foto wajah yang akan di edit, lalu bukan foto editor, selanjutnya unggah foto dengan klik "open image from computer" seperti gambar dibawah.

Edit Foto

2. Menghaluskan bagian wajah yang terdapat noda, keriput atau jerawatan. Pertama buat salinan foto dengan klik menu "Layer" lalu pilih "Duplicate Layer"

Edit Foto Menghaluskan

3. Pada salinan foto / background copy lihat bagian-bagian wajah yang tampak kotor/noda, lebarkan tampilan foto dibagian "Navigator" lalu bersihkan dengan menggunakan tool "spot heal". Untuk hasil maksimal pilih ukuran / size brush lebih kecil lalu klik di bagian noda-noda wajah.

Edit Foto Menghaluskan Wajah

4. Jika noda-noda pada wajah sudah dibersihkan/ dihapus lanjutkan untuk menghaluskan bagian wajah. Pertama buat salinan foto yg sudah dibersihkan tadi "Duplicate layer" (seperti cara pertama). Layer bisa diberi nama untuk memudahkan pilihan foto yg akan di edit. Untuk menghasulkan wajah gunakan bluring, klik menu "filter" lalu pilih "gaussian blur". Perhatikan tanda panah merah gambar dibawah, pada contoh ini kita gunakan gaussian blur dengan ukuran ketebalan 150 dan opacity nya 50%.

Edit Foto Menghaluskan Wajah dengan Mudah

5. Penerapan blur akan menghaluskan seluruh bagian foto, karena disini kita akan menghaluskan wajah, hapus efek blur dengan tool "erase" pada bagian diluar wajah saja serta hapus dibagian rambut, mata, alis, bibir dan rongga hidung.

Menghaluskan Wajah dengan Mudah

6. Jika sudah selesai.. satu kan seluruh layer foto dengan klik menu "layer" lalu pilih "flatten image"

Menghaluskan Wajah

7. Sampai disini menghaluskan wajah sudah selesai, selanjutnya kita tinggal mengatur warna, pencahayaan, contras pada menu "adjustment". Sesuaikan visual gambar sampai tampak terlihat lebih jelas dan halus.

Edit Foto Menghaluskan Wajah

Contoh di atas merupakan cara paling mudah dan gampang sekali untuk menghaluskan wajah pada foto, silahkan lakukan berulang-ulang untuk mencoba latihan mengedit foto anda sendiri.r.

Update menghaluskan wajah dengan foto editor versi baru, silahkan simak dalam video berikut: