Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edit Foto Online Dengan Efek Google Photos

Perkembangan terakhir dari beberapa jejaring sosial terbesar yang saat ini ada, sangatlah cepat dengan ide-ide fitur kreatif yang diciptakan untuk penggunanya, termasuk seputar masalah eding foto. Google yang saat ini terus membenahi aplikasi sosialnya, juga menyediakan fitur menarik untuk editing foto yang mudah langsung terhubung dengan akun Google. Menggunakan fitur picnik editor dikombinasikan dengan Picasa Web Albums, Creative Kit Google + bisa jadi alternatif lain untuk edit foto online.

Walaupun perkembangan layanan situs sosial Google di Indonesia khususnya tidaklah sebesar facebook, namun baru-baru ini sudah banyak yang menggunakan aplikasi google, terlebih Google selalu mengintegrasikan layanan mereka antara satu dengan yang lainnya, mau tidak mau pengguna gmail, blogger, picasa dan produk-produk Google lainnya pasti terhubung dengan Google. Untuk yang belum mempunyai akun Google, sebaiknya mendaftar dulu atau membuat akun bisa dengan komputer laptop atau hp android.

Cara edit foto melalu akun Google ini juga cukup mudah. Tentu langkah pertama adalah membuka layanan foto google di alamat https://photos.google.com
  1. Login ke Google dengan menggunakan akun google
  2. Pada halaman google photos , upload foto yang akan di edit.
  3. Klik pada foto yang sudah diupload 
  4. Untuk mengedit foto klik pada menu pojok kanan atas maka akan terbuka tools atau alat untk editing foto.
Cara edit foto via google photos


Fitur editing photos

Tunggu beberapa saat loading editor foto, yang akan menampilkan fitur editor foto Google. Tampilan dasar aplikasi hampir sama dengan beberapa layanan editor foto online lainnya diantaranya fitur Auto fix untuk perbaikan otomatis dan juga efek foto.

efek google photos

Keunggulan dari Google Photos adalah sebagai berikut: 

1. Mode Pencarian yang Lebih Cerdas

Salah satu fitur yang jadi Andalan Google Photos adalah kemampuannya yang bisa langsung menAndai foto atau video berdasarkan dengan lokasi, facial recognition, dan juga tipe dari medianya seperti misalnya selfie, screenshot, video, dan sebagainya. Lalu dikelompokkan menjadi kategori tertentu sehingga pengguna bisa dengan mudah mencari media yang ingin dibuka tanpa harus scroll sampai ke bawah. Makin sering Anda menggunakannya makin cerdas Google Photos menyajikan hasil pencarian di mana Anda bisa mengetikkan kata kunci media yang ingin dicari misalnya lokasi maupun tipe media. 

2. Berbagi Foto atau Video Jadi Lebih Mudah 

Anda bisa membagikan media ke aplikasi lain seperti layaknya aplikasi galeri pada umumnya. Tapi selain itu Anda bisa membagikan media dalam bentuk tautan untuk diunduh orang lain. Anda juga bisa membuat album bersama yang bisa diisi juga oleh orang lain, dan mengatur apa saja yang bisa dilakukan orang lain terhadap album bersama tersebut misalnya menambahkan foto, mengisi komentar, hanya bisa dibuka saja, dan lainnya. 

3. Live Albums 

Fitur Google Photos ini memungkinkan Anda untuk memilih salah satu kategori media yang ingin dibagikan misalnya hewan peliharaan, bayi, orang tua, atau yang lainnya, pilih siapa saja yang jadi penerima kiriman media Anda. Google Photos akan secara otomatis menambahkan foto yang relevan dengan kategori media yang Anda bagikan sehingga Anda tidak harus memilih satu per satu dari isi galeri. 

4. Edit Foto Secara Profesional

Selain memiliki fitur edit yang dasar seperti crop, rotate, dan memperbaiki warna, Google Photos juga menyediakan filter ala Instagram. Anda juga bisa menambahkan atau menghilangkan cap tanggal dan waktu pengambilan foto, atau menggunakan beberapa foto untuk dijadikan animasi atau film pendek. 

5. Cloud Storage 

Fitur Google Photos lain yang membuatnya jadi aplikasi berbagi media yang terbaik adalah kemampuannya untuk melakukan back up media yang ada di perangkat Anda ke layanan cloud storage. Artinya, Anda bisa mengunduh media yang Anda simpan di akun cloud storage di mana saja menggunakan perangkat apa saja.