Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperjelas Tampilan Foto Dengan Efek HDR Secara Online

Tampilan foto memudar atau tampak kurang tajam terutama pada bagian warnanya tentu membuat foto tidak menarik dilihat. Hal ini bisa diatasi dengan mudah atau dibuat menjadi lebih baik dengan banyak tool atau software edit foto seperti Photoshop atau bahkan dengan fptp editor online langsung melalui browser internet.

Memperjelas Tampilan Foto Dengan Efek HDR Secara Online
Sebelumnya beberapa penyebab foto kurang begitu tajam bisa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti misalnya karena White balance kurang tepat, Shutter Speed kurang cepat, memotret wide open, ISO terlalu tinggi, pencahayaan kurang, atau karena objek gambarnya sendiri misalnya objek bergerak.

Beberapa cara edit foto dengan menggunakan foto editor online berikut ini mungkin bisa membantu mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan kualitas tampilan foto.

Untuk tutorial kali ini adalah cara mudah memperjelas tampilan foto yang agak gelap jadi lebih terang dengan menggunakan sedikit efek HDR melalui foto editor online. Langsung saja bisa dicoba seperti langkah berikut:

Buka foto yang akan diedit melalui foto editor online pixlr - lalu buat salinan gambar (duplicate layer) sebanyak 2 buah.

Cara Edit Foto Dengan Efek HDR Secara Online

Langkah ke 2, beri nama layer terlebih dahulu supaya memudahkan penerapan efek, selanjutnya terapkan efek mimic HDR pada masing-masing layer. Klik pada menu "Filter" - pilih "Mimic HDR".

Efek HDR Pixlr

Langkah ke 3, pada bagian tab layer, rubah layer pertama (HDR1) menjadi mode "Darken". lalu untuk layer kedua (HDR2) rubah menjadi mode "Lighten".

Edit foto dengan efek HDR online

Langkah ke 4, setelah mode layer dirubah satukan seluruh layer - klik layer - platen image. Efek mimic HDR akan menimbulkan kontras gambar yang tajam, jika terlihat sedikit bercak pada foto gunakan tool "Denoise" untuk membersihkannya. Setelah itu save hasilnya.

Cara edit foto HDR online

Langkah diatas adalah cara mudah membuat tampilan foto yang gelap atau kurang cahaya sehingga jadi lebih jelas dan nampak bagus warna dan pencahayaannya. Untuk perbedaan hasil efek yang sudah diterapkan bisa dilihat pada gambar pertama di atas. Selamat mencoba!