Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberi Split Toning Effect Pada Foto

Memberi Split Toning Effect Pada Foto
Result

Salah satu cara membuat kesan klasik pada foto selain vintage adalah dengan memberi efek Split Toning. Efek seperti ini dikenal pada Fotografi klasik, dimana warna foto biasanya hanya terdapat satu warna entah itu hitam putih (desaturate), cyan, magenta , sepia dan lain-lain.

Split toning sangat cocok untuk foto-foto natural, akan lebih memberikan efek yang kental dengan history atau sejarah yang terekam dalam foto tersebut. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit bahkan sangat mudah, seperti contoh berikut menggunakan editor online.

How To Give Your Photos a Gloomy Split Toning Effect

Upload foto ke pixlr editor online - buat salinan gambar terlebih dahulu (duplicate layer) lalu rubah warna jadi hitam putih, klik "adjustment" - "color lookup" - pilih warna hitam.

Split Toning Effect Pada Foto

Tahap kedua, buat kembali salinan layer (duplicate layer) lalu beri tone warna, klik "adjustment" - "color balance"dan naikan warna merah 25% dan warna biru turun 25%.

Split Toning Effect

Pemberian tone color bisa disesuaikan dengan selera kita sendiri, tinggal diatur pada dialog color balance gren, red dan blue. Jika sudah selesai memperoleh warna yang diinginkan lanjutkan ke tahap ketiga, gabungkan terlebih dahulu layer ke 1 dengan kedua. klik "layer" - "merge down".

Create Split Toning Effect

Tahap ketiga, buat lagi duplicate layer, berikan sedikit efek glow pada foto untuk kesan glommy, klik "filter" - "glamour glow" lalu turunkan opacitynya 50%.

cara membuat efek Split Toning

Tahap akhir satukan kedua layer seperti cara diatas tadi (merge down), lalu beri sedikit efek hitam pada bagian sisi gambar, klik "filter" - "vignette" dan turunkan saturasi warna "adjustment" - "Hue & Saturation". 

Split Toning COLOR Photographs

Foto sudah diberikan efek Split Toning, pemberian warna tentu disesuaikan dengan karakter foto misalnya Red untuk memberikan sedikit efek sepia atau untuk meningkatkan efek dingin pada foto.

Tutorial Cara Menggunakan teknik split toning

Hasil terbaik untuk Split Toning adalah menggunakan warna yang berlawanan, contohnya kuning dan biru, hijau dan magenta dan sebagainya. Selamat mencoba!