Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Tempat Menjual Foto Secara Online

Sering ditanyakan oleh beberapa orang yang baru menggeluti dunia fotografi "bisakah menghasilkan uang dari foto di internet?" tentu saja bisa. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia digital online kebutuhan akan sebuah foto juga semakin banyak terutama mereka yang mempunyai situs-situs tertentu yang memerlukan beberapa foto sebagai pengisi artikel mereka.

Kesempatan ini bisa kita manfaatkan dengan menjual foto hasil jepretan kita, bisa langsung melalui toko online yang dibuat sendiri atau melalui layanan pihak ketiga yang menyediakan sarana berbagai hasil penjualan foto online. Ada banyak sekali situs yang menerima penjualan foto secara online, beberapa diantaranya yang paling banyak digunakan adalah sebagai berikut:

ShutterStock - Lebih dari 400 juta gambar yang sering didownload oleh para pengguna internet, sampai saat ini Shutterstock merupakan situs microstock terbesar untuk menjual foto secara online. Jika kamu ingin menjual foto disana, pastikan untuk membaca Panduan Sukses dihalaman kontibutor yang memiliki beberapa tips yang sangat berguna. Foto kita dihargai antara $ 0,25 sampai $ 28, tergantung pada lisensi.

Menjual Foto Secara Online ShutterStock

Dreamstime - Digunakan oleh pemula dan fotografer profesional, Dreamstime adalah salah satu microstock yang paling banyak dipakai oleh situs-situs besar karena situs ini masih bagian dari pusat industri gambar terbesar di Amerika (Picture Archive Council of America). Tidak sembarangan foto yang bisa diterima, mereka akan meninjau terlebih dahulu apakah foto layak atau tidak untuk dijual dan merekapun memberikan pembayaran paling tinggi dari semua situs stok fotografi. (Rincian harga bisa dilihat sendiri dihalaman resmi Dreamstime)

Tempat Menjual Foto Online Dreamstime

Fotolia - Situs ini memberikan kemudahan dalam penjualan foto online. Fotolia memberikan royalti yang cukup adil antara sipenjual dan pembeli foto serta jangkauan pasar luas ke jutaan pembeli foto di seluruh dunia dengan proses yang cepat tanpa ribet. Setiap kali salah satu foto kita terjual, kita bisa mendapatkan pembayaran antara 20% sampai 63% langsung masuk ke rekening akun Fotolia kita.

jual Foto Secara Online Fotolia

iStock Photo - Jual foto melalui iStock Foto dan kita akan mendapatkan royalti sebesar 15% untuk setiap download, atau menjadi kontributor eksklusif dan mendapatkan keuntungan sampai dengan 45%. iStock Photo memiliki komunitas dan kontributor yang membantu untuk memberikan arahan penjualan secara online.

iStock foto Tempat Menjual Foto Secara Online

123RF - 123RF adalah situs microstock pilihan yang baik untuk fotografer yang ingin meng-upload banyak gambar secara teratur karena royalti didasarkan pada tingkat kontributor, sehingga jumlah pembayaran yang diterima bisa naik dari 30% sampai 60%. Selain itu, member pun bisa mendapatkan uang dengan mereferensikan pembeli atau pun kontributor lain, yang masing-masing mendapatkan bagi hasil sebesar 15% dan 10%.

123rf jual beli foto online

Beberapa situs tempat menjual foto secara online lainnya diantaranya:
  • Getty Images - www.gettyimages.co.uk
  • SmugMug - www.smugmug.com
  • Alamy - www.alamy.com
  • Photo Shelter - www.photoshelter.com
  • Can Stock Photo - www.canstockphoto.com
  • Bigstock - www.bigstockphoto.com
  • Crestock - www.crestock.com
  • Picturestock - www.picturestock.com
  • Photo Stock Plus - www.photostockplus.com
  • Stock Photo Media - www.stockphotomedia.com
  • Can Stock Photo - www.canstockphoto.com
Itulah beberapa situs tempat untuk menjual foto secara online. Selain foto beberapa situs juga menyediakan upload foto ilustrasi ilustrasi, audio dan juga video.